Type something and hit enter

On

Kata bijak Kristen tentang kesabaran - Salam sejahtera buat saudara semua yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus dimanapun saudara berada. Damai dan sukacita oleh Roh Kudus melimpah senantiasa dalam hati dan kehidupan saudara semua. 

kata bijak kristen tentang kesabaran

Ayat renungan pada saat ini terdapat di dalam 2 Korintus pasal 12 ayat yang ke-10 tertulis demikian; Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan di dalam kesukaran di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah maka aku kuat.


Cobaan seringkali datang bukan disaat kita kuat, tapi disaat terlemah kita ketika kita berada di batas kesabaran. Ketika kita sudah hampir menyerah dalam kasih, bingung ketika kita mengalami kelelahan secara rohani, disaat itulah cobaan itu seringkali mendekati.


Baca juga: 50+ Kata-kata bijak Kristen tentang bersyukur


Kesabaran Tuhan Yesus dicobai, ketika Ia telah berada, pada hari berpuasa yang ke-40. Disaat tubuh manusia-Nya begitu lemah karena haus dan lapar, datanglah pencobaan dari iblis. Kita perlu waspada, saat sedang lemah dan bersandar penuh pada Firman Tuhan.


Orang-orang biasanya akan terkesan ketika kita bisa bekerja dibawah tekanan yang berat. Namun satu sikap yang salah, di saat kelemahan, bisa mencoreng reputasi seumur hidup. Di dalam 2 Korintus pasal 12 ayat yang ke-10 ini, dikatakan; 


"Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah maka aku kuat."


Ayat ini menyatakan suatu sikap iman yang benar. Tidak menyesali diri dalam kelemahan. Tidak mengeluh atau memperkatakan sesuatu yang buruk. Tidak bersikap memberontak terhadap kasih karunia Tuhan. Tapi bersikap dewasa secara rohani dalam menghadapi dan menanggung kelemahan kesukaran, penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus.


Kata bijak kristen tentang kesabaran


Saudara yang dikasihi Tuhan. Saat kita lemah sebenarnya disitulah kita kuat. Karena kuasa Tuhan sempurna bekerja di dalam kita. Ia menguatkan tangan yang lemah dan kaki yang goyah. Ia memuaskan haus dan dahaga kita dan membaharui kekuatan kita, umat-Nya.


Dari ayat ini, mari kita belajar, bagaimana bersikap, dalam menghadapi berbagai situasi kesukaran dengan kesabaran.


1. Bersukacita


Dalam ayat ini dikatakan, Aku senang jadi ketika kita mengalami kesukaran, keadaan yang sulit, kesesakan oleh karena iman kita kepada Kristus. Dan berbagai situasi penderitaan yang diizinkan oleh Tuhan terjadi. Mari kita tetap bersukacita, saudara bersukacitalah, bergembiralah karena Tuhan dalam kelemahan kita. Kita akan melihat kuasa Tuhan dinyatakan.


2. Rela hati


Kerelaan hati berhubungan dengan sikap penyerahan diri kita kepada Tuhan. Mari relakan hatimu berserah penuh kepada Tuhan dalam segala keadaan dan situasi yang ada. Tetap mengucap syukur, luaskan hati dan kesabarab saudara. Percaya bahwa Tuhan ada bersama-sama dengan kita.


3. Beriman


Dikatakan dalam ayat ini, bahwa dalam kelemahan aku kuat. Ini merupakan pernyataan iman dan juga fakta Iman. Suatu kebenaran yang terjadi dalam kehidupan kita, orang-orang percaya bahwa disaat kita lemah disitulah kita kuat. Apapun situasi kehidupan saudara.


Baca juga: Renungan motivasi Kristen yang menguatkan 


Ambillah sikap yang benar dengan penuh kesabaran. Bersukacitalah kita, bersukacita karena Kristus. Dialah dasar dari sukacita kita. Kita senang dan gembira dalam menjalani hari-hari dalam hidup kita. Meskipun ada tekanan dan kita mengalami kelemahan, teruslah bersabar.


Berserahlah selalu kepada Tuhan, sabar dan relakan hati kita dalam menghadapi setiap proses kehidupan yang Tuhan izinkan terjadi. Jangan takut, saudara, di dalam lembah kekelaman ada Tuhan yang turut beserta dengan kita.


Tuhan menuntun kita memberikan kita kekuatan dan menolong kita untuk keluar dari persoalan. Mari kita beriman dengan teguh kepada Tuhan. Kekuatan dari Tuhan, dilimpahkan-Nya kepada kita. Ada mujizat dan pertolongan yang Tuhan Nyatakan dalam kehidupan kita semua.


Sekali lagi, mari bersukacita dengan kesabaran dan berserah beriman kepada Tuhan. Dalam 2 Korintus 12 ayat yang ke-9, Firman Tuhan berkata; cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah Kuasaku menjadi sempurna.


Saudara yang dikasihi Tuhan, kuasa Tuhan sempurna didalam kehidupan kita. Jadi, bersukacitalah selalu. Saat kita lemah, saat kita mengalami tekanan, saat ada kesukaran, dan persoalan. Jangan takut, jangan kecewa, jangan putus asa. Selama kesabaran terjaga, Tuhan akan selalu menguatkan.


Baca juga: Renungan singkat Kristen tentang kasih hari ini


Sebab kita akan melihat dan mengalami kuasa dan pertolongan Tuhan, dalam kehidupan kita. Maka dari itu mari kita berdoa.


Bapa kami yang disurga, Bapa di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Kami mengucap syukur kepadamu di dalam HadiratMu yang kudus, di tengah-tengah kami saat ini kami mengucap syukur berterima kasih oleh karena kasih Anugrahmu.


Oleh karena penyertaan dan kuasa pertolongan Tuhan dalam hidup kami, Kami bersyukur untuk pimpinan-Mu di sepanjang hari ini. Kami boleh melalui hari ini dengan kekuatan-Mu, Ya Tuhan. Dan saat ini, kami bersyukur untuk kebenaran firmanMu yang meneguhkan hati kami, yang kembali mengingatkan kami mengajar kami bahwa di dalam kelemahan kuasa Tuhan sempurna bekerja.


Tolong kami, ya Tuhan, supaya kami senantiasa bersukacita di dalam engkau. Berserah penuh merelakan hati kami dalam setiap proses, setiap keadaan, yang Tuhan izinkan, kami alami. Dan Ajar kami untuk beriman, percaya yang sungguh kepada Mu dalam segala keadaan.


Tuhan punya rencana dalam segala situasi. Tuhan turut bekerja dan dalam kelemahan kami KuasaMu sempurna dinyatakan. Kami mengucap syukur, Ya Tuhan, karena Engkau tidak pernah meninggalkan kami, Engkau selalu ada disetiap waktu, di segala musim kehidupan kami, kami bersyukur, Ya Tuhan.


Pertolongan tuhan, kuasa Tuhan, kebaikan Tuhan akan selalu kami alami hari lepas hari dalam hidup kami. Terima kasih, Bapa, kami bersyukur malam ini kami mau tidur, ya Tuhan. Berikan Kami istirahat yang baik, tidur yang nyenyak di sepanjang malam ini.


Berkatilah kami dan keluarga kami. Berkatilah setiap kami, anak-anakMu Lindungilah kami dengan kuasa dan KasihMu. Bangunkanlah kami kembali besok pagi dengan kekuatan yang baru, tubuh yang sehat diberkati Tuhan untuk kami melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Berkenan kepada Tuhan.


Terima kasih, Ya Tuhan, dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Tuhan dan juru selamat kami, kami berdoa dan mengucap syukur. Haleluya, Amin.


Baca juga: Doa dan renungan malam Kristen sebelum tidur  


Puji Tuhan, saudara yang dikasihi Tuhan, saya percaya, Firman Tuhan menjadi berkat dan kekuatan buat saudara semua. Dan Roh Kudus akan menolong saudara untuk lebih lagi memahami, kebenaran firman Tuhan.


Sekian kata bijak kristen tentang kesabaran ini. Semoga Tuhan Yesus memberkati saudara semua, Dan kiranya Tuhan Yesus Kristus memberkati kita sepanjang malam ini, Amiin. Haleluya.

0 komentar