Type something and hit enter

On

Tips jualan online untuk pemula 2021 - Berjualan online saat ini sedang naik daun di Indonesia. Berbagai kalangan masyarakat mulai dari remaja hingga orang dewasa, kini mulai menjalankan bisnis jualan online. Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya sukses menghasilkan omzet ratusan juta dari berjualan lewat online. Wah, manteb yah, Anda tergiur?

tips jualan online untuk pemula 2021

Menjalankan bisnis jualan online sebenarnya tidak sesulit seperti yang di bayangkan orang-orang. Tapi, bagi mereka yang baru terjun ke bisnis jualan online pastinya sangat sulit sekali mendapatkan pembeli pertama.


Baca juga: Kata-kata motivasi jualan online agar sukses


Banyak dari mereka yang baru memulai jualan online akhirnya harus menutup bisnisnya karena bosan produk atau jasanya tidak laku-laku. Padahal jika mereka tekun dan mau belajar bagaimana jualan online agar laris dan memiliki pelanggan.


Bagaimana Cara Jualan Online Untuk Pemula?


Pertanyaan diatas selalu timbul pada mereka yang baru saja memulai jualan online. Bahkan mereka ada yang rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah hanya untuk mengikuti seminar tentang jualan online. Padahal jika mereka mau belajar panduan bisnis online, mereka tak perlu keluar uang banyak.


Baca juga: Kata-kata bijak jualan online terbaik


Bagi Anda yang benar-benar ingin serius menjalankan bisnis online, berikut ada tips jualan online yang bisa dipraktekan langsung pada saat Anda baru memulai berjualan online.


Tips jualan online untuk pemula agar bisnisnya rame


1. Tentukan produk atau jasa yang ingin di jual


- Langkah pertama yang harus Anda lakukan pada saat memulai berjualan online adalah menentukan produk atau jasa apa yang ingin Anda jual. Langkah ini untuk memudahkan Anda untuk bisa fokus kedepannya. Jangan menjual banyak produk atau jasa, karena hasilnya tidak akan maksimal.


Jika Anda masih bingung untuk menentukan produk atau jasa apa yang ingin Anda jual. Anda bisa memulainya dengan menjual apa yang Anda sukai. Misalnya Anda suka mengoleksi jam tangan. Anda bisa memulai dengan menjual jam tangan.


Dengan menjual produk atau jasa yang Anda sukai, itu akan membuat Anda jadi lebih mengetahui product knowledge dari barang yang akan Anda jual. Ketika calon pembeli bertanya tentang produk yang Anda jual, Anda akan lebih mudah menjelaskan produk tersebut dengan detail.


Banyak penjual yang gagal closing karena ketika di tanya-tanya tentang produk yang di jualnya. Mereka malah kebingungan dan sulit untuk menjelaskan. Akhirnya calon pembeli tersebut malah memilih toko sebelah yang penjualnya lebih tahu product knowledge dari barang yang di jualnya.


- Yang kedua, Anda bisa menjual produk atau jasa yang paling banyak di cari di internet. Anda bisa merisetnya di Google Keyword Planner, salah satu alat pemasaran milik google tersebut dapat memudahkan Anda mencari tahu produk atau jasa yang paling banyak di cari setiap bulannya di internet.


Baca juga: Modal utama bisnis online untuk pemula


Kedua cara diatas bisa Anda jalankan bersamaan, yang penting jangan kebanyakan rencana, langsung action saja sekarang!


2. Riset target pasar


Setelah Anda mengetahui produk atau jasa apa yang akan Anda jual, kini saatnya Anda meriset target pasar Anda. Mulai dari jenis kelamin, usia, tempat tinggal, pendidikan, pekerjaan, tempat yang sering dikunjungi, situs yang sering dikunjungi, hoby, dll.


Jabarkan secara detail target pasar Anda, dengan menjabarkan secara detail Anda akan lebih mudah menjual produk atau jasa Anda kepada mereka. Jadi Anda tidak aka kebingungan mau di jual kemana produk atau jasa Anda nantinya.


Gunakan juga alat pemasaran milik Google, seperti: Google Trends. Dengan menggunkan Google Trends Anda akan mengetahui produk atau jasa apa yang lagi trend di internet. Selain itu Anda juga akan mengetahui wilayah atau kota tempat target pasar Anda berada.


Ketika Anda sudah mengetahui wilayah tempat tinggal mereka, dan mengetahui secara detail target pasar Anda, kini saatnya Anda mulai mempromosikan produk atau jasa Anda kepada mereka berdasarkan dari hasil riset target pasar Anda. Praktekan dan ukur bagaimana hasilnya, apakah cara promosi Anda efektif atau tidak. Lakukan Sekarang!


3. Cari supplier online terpercaya


Kadang para penjual online pemula masih ada yang bingung untuk mencari supplier online yang dapat di percaya. Padahal mereka sudah menjadi reseller si A sampai Z tapi masih saja kena tipu penjual yang nakal.


Carilah reseller atau agen barang terpercaya dari rekomendasi teman-teman anda yang sudah berpengalaman dalam berjualan online.


4. Buat toko online atau Marketplace


Syarat wajib dalam berjualan online adalah memiliki tempat untuk memajang produk atau jasa Anda di internet. Ada 2 tempat yang bisa Anda pakai ketika Anda menjual produk atau jasa secara online.


Yang pertama adalah membuka toko online. Untuk membuka toko online Anda membutuhkan domain dan hosting. Domain adalah alamat toko Anda, seperti: www.NamaTokoAnda.com, sedangkah hosting adalah rumah Anda.


Bagi Anda yang masih bingung cara membuat toko online, gak usah di pikirin. Jalanin Aja dulu yang bisa Anda jalanin, karena kalo terlalu banyak di pikirin yang ada nanti gak buka-buka bisnis jualan onlinenya.


Cara yang kedua adalah membuka toko dan memajang produk atau jasa Anda di marketplace. Apa itu marketplace?. Marketplace bisa di sebut juga dengan "Mall Online". Di marketplace terdapat banyak penjual yang menjual produk atau jasanya.


Marketplace di Indonesia sendiri sudah banyak. Anda tinggal mendaftarkan menggunakan email atau nomor HP Anda. Kurang dari 5 menit Anda langsung punya toko di marketplace. Contohnya, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lainnya.


Baca juga: Tips sukses jualan di Marketplace 


Rata-rata semua situs Marketplace di Indonesia gratis. Untuk tampilan Marketplace sendiri sama dengan toko online. Hanya saja untuk alamat situsnya Anda harus memakai sub domain dari domain situs marketplace mereka. Contohnya: www.NamaTokoAnda.NamaSitusMarketplace.com


5. Gunakan social media


Tips yang terakhir adalah menggunakan akun social media. Jangan jadikan akun social media Anda hanya untuk posting status saja. Gunakan sebagai alat promosi gratis jualan online anda.


Akun social media sangat bagus untuk di jadikan tempat media untuk berpromosi, karena di situs social media sudah sangat banyak penggunanya. Anda tinggal mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual kepada mereka.


Selain itu akun social media juga bisa di jadikan tempat memajang produk atau jasa Anda. Jadi jika Anda masih bingung membuat website untuk toko online atau membuka akun di situs marketplace. Anda bisa memanfaatkan media seperti fanspage Facebook atau Facebook Group untuk tempat memajang produk atau jasa yang ingin Anda jual.


Intinya semua bisa Anda gunakan untuk membantu menjalankan bisnis jualan online. Jangan terlalu banyak berpikir sulit menjalankan bisnis jualan online. Karena nantinya Anda akan sulit menjalankannya. Jalani saja dulu yang lebih mudah untuk di jalankan. Untuk hasilnya, Anda bisa perbaiki berikutnya.


Baca juga: Usaha kecil-kecilan dirumah yang menguntungkan dengan modal kecil


Demikian artikel yang dapat kami sampaikan. Semoga tips jualan online untuk pemula ini bisa bermanfaat bagi Anda yang benar-benar ingin serius menekuni bisnis jualan online.

0 komentar