Type something and hit enter

On
Usaha kecil kecilan dirumah yang menguntungkan - Perekonomian saat ini memang sedang tidak baik. Wabah penyakit yang melanda dunia mengakibatkan perekonomian menjadi tak menentu. PHK dimana-mana yang membuat pengangguran semakin meningkat. Maka dari itu, kita harus pintar-pintar memutar otak agar dapur terus mengepul.

usaha kecil-kecilan dirumah yang menguntungkan

Sulitnya situasi seperti ini mendorong setiap orang perlu memiliki usaha kecil-kecilan dirumah yang menguntungkan untuk menambah penghasilan keluarga. Maka kita dituntut harus menjadi lebih kreatif dalam membaca peluang usaha yang ada. Salah satu caranya dengan membuka peluang usaha sendiri meski dengan menggunakan modal yang tidak terlalu besar.

Jenis usaha kecil-kecilan dirumah dengan modal kecil memang menjadi sasaran pelarian para karyawan maupun pencari kerja yang belum juga memperoleh pekerjaan. Usaha dengan modal kecil menjadi pilihan utama mereka dikarenakan tidak semua orang dapat memperoleh pinjaman modal dengan jumlah yang besar apalagi tanpa memiliki agunan.

Baca juga: 19 Inspirasi cara menemukan peluang bisnis

Hanya bermodalkan uang yang dimiliki, kita dapat membuka peluang usaha sekiranya yang menguntungkan..

Modal usaha kecil


Namun untuk memulai usaha kecil sebenarnya bukan hanya bermodalkan uang saja. Tetapi harus ditambah dengan modal lainnya yang lebih besar. Seperti modal keinginan yang kuat, rajin, gigih, semangat yang sangat tinggi, cepat belajar, dan modal mental tahan banting. Jika disatukan maka tentu saja hasilnya bisa menjadi luar biasa.

Berawal dari ide


Jika ingin memiliki usaha, bukan hanya usaha besar saja, usaha kecil-kecilan dirumah juga memerlukan perencanaan. Banyak orang yang ingin sekali memiliki usaha sampingan tetapi tidak tahu apa yang pertama kali harus dilakukan.

Yang pertama-tama kita harus memiliki suatu gagasan / ide mengenai bisnis apa yang akan digarap. Dari mana gagasan / ide usaha itu muncul?. Gagasan bisnis akan lebih mudah kita dapat apabila kita peka dan peduli terhadap diri kita sendiri, keluarga, teman, dan lingkungan masyarakat sekitar.

Baca juga: Kata motivasi bijak strategi perdagangan

Peduli kepada diri sendiri adalah bagaimana kita mengenali kemampuan, minat, bakat, kita sendiri. Banyak wira usahawan yang berhasil karena dia dapat memanfaatkan kemampuan, minat,  bakat yang dimilikinya sendiri dikombinasikan dengan kejelian melihat peluang.

Mulailah dari sekarang


Sebuah gagasan bisnis hanya menjadi sebuah gagasan saja jika tidak ada tindakan untuk mewujudkannya. Dengan memulainya, kita bisa mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga yang bisa digunakan memperbaiki usaha secara sistematis. Jika mental telah siap, mulailah dari saat ini walau mungkin kita masih memiliki beberapa keterbatasan dan kendala yang ada.

6 Contoh usaha kecil-kecilan dirumah yang menguntungkan


1. Jasa Pijat Urut dan Massage

Jasa pijat, urut dan massage akhir-akhir ini nampak trendnya meningkat. Mungkin karena kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, karena pijat ini mampu melancarkan peredaran darah, persendian terkilir, atau mungkin juga karena beban kerja yang meningkat. Banyak orang yang ingin menghilangkan stress dengan menggunakan jasa ini untuk membuat badan menjadi rileks, sehingga semangat kerja kembali pulih.

Biasanya tukang pijat memiliki tempat mangkal tersendiri dan menunggu pasien datang. Tetapi kalau pasien memerlukan pijat urut namun tidak bisa datang ke tempat praktek bagaimana ?. Inilah satu peluang untuk anda, menjadi tukang pijat urut yang bisa dipanggil untuk datang ke rumah pasien. Jika anda memang bisa memijat, mungkin bisa mencoba ide ini, atau mulai sekarang belajar memijat dulu.

2. Jasa Cukur Rambut

Menjadi tukang cukur rambut nampaknya tidak terlalu membutuhkan modal yang begitu besar. Tidak usah anda memikirkan harus memiliki tempat seperti salon kecantikan. Cukup peralatan cukur secukupnya, trus mangkal di bawah pohon di pinggir jalan, atau dengan cara berkeliling menggunakan sepeda. Jika tak ingin ribet, anda bisa membukanya dirumah.

Simpel tapi peluangnya bagus, karena orang tentu memotong rambutnya secara berkala, bisa sebulan sekali. Jika hasil potongan rambut anda bagus dan rapi, anda akan selalu ditunggu oleh pelanggan.

3. Jasa Setrika Baju

Jasa setrika baju merupakan salah satu alternatif usaha dengan modal relatif kecil, juga tidak begitu membutuhkan keahlian khusus. Seorang pemulapun bisa memulai usaha ini, hanya bermodal setrika dan beberapa pengharum pakaian, namun yang terpenting adalah modal kemauan untuk memulai usaha ini.

Pangsa pasar masih terbuka, terutama orang-orang yang super sibuk sampai mengurus pakaian saja tidak sempat. Anda bisa menawarkan jasa ini ke tetangga sekitarnya bisa mendatangi ke rumah mereka atau bisa menerima pakaian yang disetrika di rumah Anda.

4. Jualan Pulsa

Peluang usaha berjualan pulsa dengan sistem counter berjalan, patut anda coba. Hanya  bermodalkan Rp 100.000 sampai Rp 200.000 anda sudah dapat berjualan pulsa melalui ponsel sendiri. Hampir semua pulsa operator seluler bisa dijual melalui sistem ini hanya dari satu ponsel saja. Tidak perlu ponsel mahal, yang biasapun bisa melayani sistem ini.

5. Jual Jajanan/Cemilan

Untuk ibu rumah tangga yang ingin membantu suaminya bisa dengan berjualan jajanan dirumah. Seperti jualan gorengan, jajanan anak, es, sosis goreng, bakar dan lainnya. Dengan modal kecil antara 100-300 ribu usaha seperti ini juga bisa dijalankan.

Jangan salah, keuntungannya kadang lebih besar daripada modalnya. Anda patut mencoba dengan usaha kecil-kecilan dirumah yang menguntungkan seperti ini.

6. Jualan Ikan Cupang

Anda pasti tak akan percaya dengan apa yang kami rekomendasikan ini. Iya, jual ikan cupang. Tapi kenyataannya usaha ini sangat-sangat menguntungkan. Apalagi jika anda dapat membudidaya sendiri ikan cupang ini, keuntungannya bisa lebih besar.

Ada seorang teman yang iseng-iseng jualan ikan cupang, dalam satu hari omset antara 300-500 rb. Dan keuntungannya separuhnya lebih. Bahkan pembeli banyak yang datang dari luar daerah. Dia hanya promosi lewat grup-grup Facebook.

Baca juga: Berikut yang termasuk kerugian kegiatan promosi secara online adalah

Bentuk dan warnanya yang bagus dan unik membuat ikan cupang ini memiliki penggemarnya sendiri. Bahkan mereka yang hobi mengoleksi ikan ini rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit hanya untuk membeli sepasang ikan cupang.

Hadapi dan atasi hambatan atau kegagalan


Mungkin tidak ada seorang pun wira usaha yang berhasil tanpa mengalami hambatan bahkan kegagalan dalam perjalanan bisnis mereka. Namun kita harus menyikapinya dengan sikap positif, bahwa apa yang terjadi adalah yang terbaik buat kita.

Hambatan dan kegagalan merupakan sebuah pelajaran yang harus kita ambil hikmahnya. Tanpa kita sadari itu akan menguatkan dan mempertajam intuisi dan kemampuan kita dalam berwirausaha. Setiap usaha selalu akan mempunyai risiko dan bila itu sampai terjadi, bersiaplah, dan hadapilah dengan lapang dada.

Demikian artikel tentang usaha kecil-kecilan dirumah yang menguntungkan dengan modal kecil. Semoga tulisan captionkeren.net ini menginspirasi untuk anda. Jangan menunggu, lakukan dan kerjakan sekarang juga bila anda ingin memulai usaha, semoga sukses selalu.

0 komentar