Type something and hit enter

On

Cara memulai usaha catering - Mau usaha namun cara memulai usaha apa yang harus dimulai dan dipelajari?. Anda bisa mencoba catering. Sebuah model usaha yang sangat mudah untuk dijalankan dan tidak membutuhkan modal besar dalam memulainya. 

cara memulai usaha catering

Ibu rumah tangga, remaja, dan beragam latar belakang kondisi siap menjalankan usaha ini. Namun sepertinya catering memang masih sangat cocok untuk dipegang oleh ibu rumah tangga yang memang hobi masak.


Jangan biarkan diri Anda menjadi seorang ibu yang hanya mengurus rumah. Dan mulai dari sekarang, katakan bahwa Anda bisa produktif membantu keuangan keluarga. Tentu saja, menjadi ibu rumah tangga sangat erat kaitannya dengan memasak sehingga usaha catering tidak lagi sulit untuk dimulai.


Baca juga: Cara menemukan passion untuk sukses berbisnis


Bagaimana cara memulai usaha catering?, Artikel ini akan memberikan penjelasan tips dan langkah demi langkah sehingga Anda bisa menjadi pengusaha catering yang sukses.


Tips dan cara memulai usaha catering rumahan


1. Anda tidak perlu jago masak


Jangan menganggap diri Anda rendah dengan mengatakan Anda tidak jago masak serta tidak layak memulai usaha catering. Ada banyak pengusaha catering yang sukses dengan kemampuan masak pas-pasan. Apa yang mereka lakukan?. Tentu saja segera action, tetap percaya diri, dan terus belajar memasak. Seiring berjalannya waktu, sense memasak Anda akan terlatih dengan sendirinya, dan percayalah bahwa Anda bisa sukses.


Baca juga: Inspirasi cara menemukan peluang bisnis


2. Buat pamphlet sederhana


Buat daftar masakan beserta harganya, dan kemudian cetak menjadi sebuah pamphlet serta sebarkan ke banyak rumah di tempat tinggal Anda. tidak perlu membuat sebuah brosur yang wah, bagus, atau terkesan professional. Jika Anda belum memiliki modal besar, bahkan dengan kertas putih yang ditulispun tidak masalah. ingat, satu yang pasti adalah Anda segera action.


Juga, jangan sertakan harga yang terlalu mahal ketika mulai buka usaha catering. Amat disarankan bagi Anda untuk mulai survey harga pasar terlebih dahulu dalam rangka mengetahui seberapa besar harga pasaran yang ada di tempat tersebut.


3. Promosi dan Iklan


Anda dapat melakukan promosi maupun iklan dengan cara berbayar maupun gratisan. Gunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter maupun Whatsapp untuk kegiatan promosi gratis. Jika ingin berbayar, anda dapat beriklan di Fb Ads, Google Ads, TikTok Ads atau kegiatan endors lainnya.


4. Jangan mudah menyerah


Bisnis itu 20 % penawaran diterima dan 80 % penawaran ditolak. Bagaimana menyikapiny? Jangan pernah menyerah dan teruslah perluas target pemasaran Anda. mungkin ada banyak peluang ketika Anda bergerak memasarkan catering di tempat lain dan order akan terus datang tanpa henti. Jadi, yang perlu Anda lakukan hanyalah terus melangkah hingga menemukan jalan keluarnya.


5. Jaga setiap konsumen Anda


Tentu Anda mengerti bagaimana sulitnya mencari seorang konsumen yang mau menerima servis. Jadi, jangan sia-siakan meskipun hanya seorang konsumen. Apabila Anda pintar menjaga satu orang tersebut, maka kredibilitas yang Anda miliki akan sangat cepat menyebar dan diketahui oleh calon konsumen lainnya. Bagaimana trik menjaga konsumen agar tetap lekat dengan usaha catering Anda? ikuti tips berikut ini.


6. Berikan pelayanan yang tepat waktu


Pelanggan ingin makan siang dan sore terhidang sebelum mereka lapar. Jadi, jangan sampai mereka kelaparan dan kurir Anda baru datang untuk mengantarkan makanan. Anda akan terbuang dari persaingan usaha catering jika hal it uterus terjadi.


7. Variasi masakan


Buatlah menu masakan yang berbeda dan jangan terpaku pada beberapa jenis makanan saja. Kreativitas memasak bisa sangat menyenangkan konsumen, dan membuat mereka tetap memakai jasa catering Anda.


8. Perhatikan konsumen Anda


Misalnya, Anda bisa menanyakan tentang selera masakan mereka, makanan apa yang paling disukai, serta tanyakan pula apakah ada yang kurang dari masakan Anda. melalui perhatian tersebut, mereka akan lebih akrab dan loyal kepada Anda.


Baca juga: Tips bisnis musiman menjelang Lebaran


Tertarik membuka usaha catering?, Segera coba dan dapatkan konsumen pertama Anda. Serta, semoga cara memulai usaha catering diatas mampu menginspirasi Anda. Jika Anda belum ingin mencoba usaha catering, sepertinya usaha menjual makanan patut anda coba.

0 komentar