Type something and hit enter

On

Tips jualan online sukses - Jualan online memang tidak bisa dibilang mudah, tapi juga tidak sesulit seperti yang banyak orang bayangkan. Buktinya, banyak sekali penjual online sukses menjalankan bisnis jualan onlinenya.

tips jualan online sukses

Mungkin bagi para pemula yang baru menjalankan bisnis jualan online pasti terasa sangat sulit. Beda dengan para penjual online yang sudah lama menjalankan bisnis jualan online. Mereka yang sukses berjualan online, pasti memiliki pengalaman yang banyak dalam menjalani bisnis jualan onlinenya.


Baca juga: Tips jualan online untuk pemula 2021


Tidak mungkin jika mereka langsung bisa sukses dalam menjalankan bisnis jualan online. Pasti saat ini Anda bertanya dalam hati:


Bagaimana cara jualan online sukses? Langkah apa yang harus saya jalankan?


Ada beberapa tips jualan online sukses yang harus Anda ikuti. Karena dengan mencontek cara bisnis jualan online dari mereka yang telah sukses berjualan online, pasti mereka memiliki strategi dan cara yang berbeda dari para penjual online pada umumnya.


Baca juga: Kata-kata motivasi jualan online agar sukses


Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara sukses jualan online. Berikut 8 tips jualan online yang harus Anda contek dan praktekan pada bisnis jualan online Anda.


Tips jualan online sukses


1. Tentukan target pasar bisnis Anda


Untuk sukses dalam berjualan online, Anda harus tahu terlebih dahulu siapa target pasar bisnis Anda. Karena dengan mengetahui siapa target pasar, Anda akan lebih mudah menjual produk atau jasa Anda secara online.


Jabarkan target pasar Anda sedetail mungkin, kalo perlu tulis di kertas dan tempel di tempat-tempat yang mudah terlihat oleh Anda.


2. Buat toko online


Syarat sukses dalam berjualan online adalah memiliki toko online untuk tempat memajang produk atau jasa bisnis Anda. Karena jualnya melalui online, sudah pasti toko online sangat di butuhkan.


Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membuat toko online, Anda bisa memanfaatkan situs-situs marketplace atau Anda bisa juga menggunakan akun social media seperti instagram untuk di jadikan media tempat memajang foto-foto produk atau jasa Anda.


3. Gunakan teknik copywriting


Ada yang tau apa itu copywriting?. Copywriting adalah suatu kegiatan menulis teks yang di gunakan untuk iklan atau memasarkan prduk, jasa, tokoh, ide atau pendapat. (Wikipedia).


Dengan menguasai dan menggunakan teknik copywriting dalam menulis deskripsi produk atau untuk promosi bisnis Anda, akan membuat orang yang membacanya jadi lebih tertarik untuk membeli produk atau jasa bisnis jualan online Anda.


Baca juga: Kata-kata bijak jualan online terbaik


4. Buat foto produk yang menarik


Jualan online itu lebih mengutamakan gambar atau foto produk, karena pembeli tidak bisa langsung meraba produk tersebut. Maka dari itu buatlah foto produk yang menarik dan bisa membuat orang yang melihatnya jadi tergiur untuk membelinya.


Sekarang udah banyak aplikasi untuk edit foto jadi lebih menarik, Anda bisa cari di Google Playstore. Atau jika Anda jago menggunakan aplikasi photoshop, Anda bisa langsung mengedit foto produk atau jasa Anda.


5. Manfaatkan social media


Seperti yang selalu saya bilang, social media itu sangat efektif jika di gunakan untuk promosi bisnis jualan online Ada. Dengan memanfaatkan akun social media Anda, Anda akan jadi lebih mudah mempromosikan bisnis jualan online Anda.


Kalo yang lagi booming saat ini, yaitu akun social media instagram. Coba aja jualan di instagram. Selain Anda bisa mempromosikan bisnis jualan online, Anda juga bisa membangun komunikasi dengan para calon pembeli toko online Anda.


6. Fokus menjual 1 produk sampai target penjualan Anda tercapai


Banyak penjual online gagal dan berhenti berjualan online karena mereka tidak bisa fokus. Mereka terlalu banyak menjual banyak produk yang akhirnya mereka tidak bisa memanage bisnis jualan onlinenya.


Beda halnya jika Anda memiliki modal yang sangat besar seperti situs fashion online Zalora. Mereka merupakan sebuah perusahaan, jadi di saat mereka menjual banyak produk, mereka bisa mengontrol dan memanage produknya.


Buat target penjualan Anda perbulan, dan terus fokus menjual 1 produk hingga target penjualan Anda perbulan tercapai. Jika target penjualan perbulan Anda sudah sesuai dengan yang di targetkan, Anda bisa menambah beberapa produk untuk di jual bersamaan dengan produk atau jasa Anda.


Intinya, jika memang Anda ingin sukses dalam berjualan online. Untuk di awal jangan menjual banyak produk. Fokus aja satu dulu hingga sukses!


7. Action sekarang!


Tips jualan online sukses di atas tidak akan pernah ada hasilnya, jika Anda tidak segera action dan mulai untuk berjualan online. So, mulailah dari yang kecil dahulu yang penting jalan. Jangan pernah menunda ide yang terlintas di pikiran Anda, karena biasanya ide jarang dateng dua kali.


8. Promosi


Kegiatan promosi bisa lewat mana saja. Dari mulut ke mulut, sosial media maupun mengikuti pameran-pameran. Kegiatan promosi sangat wajib dilakukan karena itu sangat penting memperkenalkan produk maupun toko online Anda kepada publik.


Jika memiliki budget lebih, disarankan promosi berbayar. Sebab, anda dapat menentukan sendiri target, wilayah dan usia untuk produk-produk yang anda iklankan. Jadi potensi mendapatkan lebih banyak pembeli berpeluang besar karena targeting tersebut.


Para penjual online yang sudah sukses, mereka menjalankan semua poin-poin di atas. Jika memang Anda ingin mendapat kesuksesan yang sama seperti mereka, contek saja 7 poin diatas dan praktekan pada bisnis jualan online Anda.


Jika Anda masih bingung bagaimana cara jualan online yang bisa mendatangkan kesuksesan dalam bisnis jualan online Anda. Coba baca lagi dari artikel tentang 8 tips jualan online sukses yang wajib Anda tiru.


Bisa jadi setelah Anda membaca 8 poin di atas, Anda akan mendapat kesuksesan seperti para penjual online yang telah sukses lainnya.


Baca juga: Motivasi diri sendiri untuk masa depan sukses


Sekian dulu artikel mengenai tips jualan online sukses yang wajib ditiru agar penjualan semakin meningkat. Berusaha dan berdoa jangan sampai dilupakan setiap melakukan usaha. Karena bagaimanapun, usaha tanpa doa akan sia-sia. Sukses selalu jualan onlinenya.

0 komentar