Type something and hit enter

On
Tips sukses jualan di marketplace - Berjualan di marketplace memang memudahkan para penjual, apalagi tanpa modal tempat yang memakan biaya yang cukup besar. Tapi bukan berarti mudah untuk mendapatkan pembeli. Sebab anda akan bersaing dengan jutaan pedagang lainnya di marketplace tersebut.

tips sukses jualan di marketplace

Sisi baru yang mulai bermunculan adalah semakin bertambahnya orang yang ingin merasakan keuntungan dari berdagang via online dengan membuat toko online. Banyak ragamnya, ada yang jualan baju, kaos, fashion, sepatu, assesoris, dan lain sebagainya.

Sudah tidak cuma perorangan, sekarang banyak bertumbuhan instansi atau perusahaan-perusahaan yang mulai memfungsikan internet sebagai pilihan alternatif sistem pemasarannya dalam menawarkan barang dagangannya.

Bahkan beberapa perusahaan distributor besar ataupun kecil memakai situs web dalam mempromosikan produk-produknya. Tak sedikit juga mereka bergabung di tempat marketplace yang sekarang berkembang pesat di dunia ini.

Baca juga: 19 Inspirasi cara menemukan peluang bisnis

Persaingan di dunia nyata maupun online memang tidak mudah, harus ada trik dan tips khusus agar sukses jualan di marketplace.

7 Tips sukses jualan di marketplace/ online


1.  Tentukan jika barang dagangan anda memang banyak dicari online marketplace

Misalnya, bila anda menawarkan mie instan, minyak goreng, sabun mandi, pasta gigi atau produk consumer goods lainnya dengan cara online, sangat mungkin anda tidak akan berhasil. Kenapa?, Sebab customer behavior-nya belum mencapai ke tujuan itu. Untuk memperoleh produk-produk seperti itu mudah ditemui diwarung maupun toko terdekat.

Biasanya langsung menuju ke minimarket atau toko yang berada tidak jauh dari tempatnya. Beda kasusnya bila anda menawarkan produk-produk pakaian dan aksesorisnya. Sebab jenis barang seperti ini umumnya memang banyak dicari lewat internet.

2.  Gunakan SEO agar situs web anda bisa berada di halaman 1 Google

Guna menghadirkan banyak pengunjung yang berkualitas ke situs web anda, untuk itu SEO (Search Engine Optimization) sangat diperlukan. SEO merupakan teknik agar supaya situs web anda dapat berposisi di halaman 1 mesin pencari, seperti Google, Bing, dsb.

Pada saat ada yang membutuhkan barang atau jasa yang ditawarkan oleh situs web anda.

3.  Jadikan tampilan situs web anda yang menarik, informatif dan mudah untuk dijelajahi

Sesudah berhasil menghadirkan banyak pengunjung ke situs web anda, buatlah para pengunjung tidak menyesal dan jenuh terhadap situs web anda. Dan yang sangat utama, tampilan situs web harus dibuat yang menjual.

Untuk toko online, yakinkan situs web anda mempunyai tampilan yang tidak sulit untuk dipahami, tidak ruwet, dan menarik. Pastikan pengunjung tidak sulit bernavigasi disaat mau memilih-milih produk spesifik, dengan demikian bisa menciptakan shopping experience yang baik dan positif.

Munculkan pula informasi-informasi penting yang memang diperlukan oleh pengunjung. Contohnya harga, penjelasan tentang produk, dan nomor telepon yang bisa dihubungi, Chat Messengger, alamat email dan lain sebagainya.

4.  Beriklan di online direktori, iklan baris, forum, social media, social Bookmark, dll.

Namanya bisnis, pasti dibutuhkan yang namanya promosi atau beriklan. Nah, di dunia online banyak pula tersedia tempat-tempat promosi yang dapat anda gunakan. Kabar bagusnya lagi diantara tempat-tempat tersebut kebanyakan tidak berbayar atau gratis dan low budget, namun efektif.

Di bawah ini ada beberapa jenis situs web yang traffic-nya tinggi dimana anda dapat mengiklankan toko online atau produk anda :
  • Iklan Baris
  • Forum (dengan thread jual beli) 
  • Social Media, contohnya Facebook, Instagram, Twitter, TikTok
  • Social Bookmark
Baca juga: Berikut yang termasuk kerugian kegiatan promosi secara online adalah

5. Tetap menggunakan aturan dasar dalam pemasaran dan bisnis

Tata cara berdagang di internet hampir sama dengan tata cara berdagang di dunia nyata. Tetap gunakan hal-hal dasar seperti memakai produk yang bermutu, diferensiasi produk, layanan yang responsif dan ramah, distribusi produk yang cepat, jujur dan dapat dipercaya, dan lain sebagainya.

Sebab, seperti apapun hebatnya strategi promosi dan pemasaran anda, semua itu akan sia-sia jika anda tidak menggunakan hal-hal dasar tersebut.

6. Diskon dan sale

Jika anda adalah sebagai pedagang baru di marketplace, tarik pengunjung dengan berbagai diskon maupun barang yang disale. Terapkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku agar mudah dipahami oleh konsumen. Dengan harga yang mampu bersaing beserta diskon yang diterapkan, angka penjualan pasti akan meningkat seiring waktu.

7. Jaga kualitas barang

Tingkat kepercayaan konsumen terletak atas barang yang anda jual. Jika produk anda sesuai dengan apa yang anda tampilkan di marketplace dan sama sesuai dengan deskripsi barang, konsumen akan dengan rela memberikan bintang yang memuaskan.

Ulasan yang positif akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Dan akhirnya konsumen akan berdatangan.

Baca juga: Kata motivasi bijak strategi perdagangan

Demikian 7 tips sukses jualan di marketplace, semoga berguna bagi anda yang sedang bisnis jualan di marketplace.

0 komentar