Type something and hit enter

On
Modal utama bisnis online untuk pemula merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki bagi mereka yang akan memulai bisnis internet. Banyak orang yang akan terjun di bisnis online atau bisnis internet tapi mereka bingung harus mulai dari mana dan apa saja yang harus mereka persiapkan.

modal utama bisnis online untuk pemula

Bisnis online adalah bisnis, sama seperti bisnis konvensional/riil lainnya. Sama-sama membutuhkan modal baik itu materi dan non materi. Lalu apa saja sih modal utama memulai bisnis online?. Jika anda belum mengetahuinya, kami akan bagikan artikel tentang modal utama bisnis online untuk pemula.

Baca juga: Penjelasan langkah-langkah memasarkan produk secara online

Modal Non Materi


Modal non materi saya letakkan pertama karena ini memang modal mutlak yang harus anda miliki jika ingin sukses dalam menjalankan bisnis internet. Akan percuma Anda memiliki modal melimpah tapi tidak memiliki kemampuan untuk mengelolanya. Sebaliknya bisnis internet bisa Anda jalankan dengan hampir tanpa modal.

Berikut modal non materi yang harus Anda miliki untuk memulai bisnis internet:

1. Alasan

Mengetahui alasan atau sebab mengapa anda ingin mencapai sesuatu adalah lebih penting daripada mengetahui bagaimana untuk mencapainya. Jika memiliki alasan yang jelas dan kuat mengapa anda berbisnis internet, maka pikiran anda akan mengantarkan menuju kesuksesan dengan caranya sendiri.

2. Fokus

Di sinilah letak kegagalan dari banyak pebisnis online saat ini. Bayangkan anda belajar berwiraswasta berjualan bakso, karena sepi pembeli anda kemudian berhenti dan mulai berjualan baju.

Ternyata usaha tersebut juga gagal. Lalu anda mulai belajar membuka jasa biro travel, tapi gagal lagi dan mencoba usaha baru lagi. Apakah anda akan sukses dengan cara demikian?. Silakan jawab sendiri.

Cara yang lebih tepat adalah evaluasi diri dulu. Mungkin sewaktu anda berjualan bakso rasanya kurang enak, lokasinya kurang strategis, kurang promosi dan lain-lain. Perbaiki kekurangan itu dan lihat hasilnya. Jika ada kemajuan lanjutkan, kalo masih gagal mungkin anda tidak cocok dalam bidang tersebut. Dan saatnya anda melirik bidang lain.

Baca juga: Tips sukses jualan di marketplace

3. Terus belajar

Bisnis online erat kaitannya dengan teknologi yang setiap saat dapat berubah dengan cepat. Jika ingin sukses, anda harus bisa mengimbanginya dengan terus belajar untuk memperdalam bidang yang ditekuni dan juga belajar hal-hal baru.

4. Ulet dan pantang menyerah

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bisnis adalah bisnis. Bisnis internet bukanlah jalan pintas untuk kaya dengan cepat dan mudah. Semua butuh waktu dan usaha agar anda bisa menikmati hasil yang diinginkan

5. Doa, Restu dan Sedekah

Jika semua hal di atas sudah anda miliki dan dijalankan. Saatnya berserah diri kepada Tuhan atas segala yang sudah anda usahakan. Berserah bukan berarti menyerah, ikhtiar dulu baru tawwakal jangan dibalik.

Jangan lupa minta restu dan doa dari orang terdekat seperti orang tua, istri, pacar, sahabat dll. Jangan remehkan kekuatan doa. Terakhir, sisihkan apa yang anda dapatkan kepada mereka yang berhak dan membutuhkan, tidak usah jauh-jauh mulailah dari lingkungan terdekat seperti orang tua, keluarga, tetangga, teman dan seterusnya.

Modal materi

Selain modal non materi seorang pebisnis online tentunya perlu mengorbankan modal secara materi untuk menjalankan dan melancarkan usahanya.

1. Uang

Seperti bisnis riil lainnya, memulai bisnis online untuk pertama kali biasanya memerlukan dana lebih besar. Biasanya pengeluaran terbesar untuk membeli jasa atau produk untuk menambah pengetahuan kita seperti pelatihan, ebook. Sebagian lagi biasanya untuk membeli hosting, software/tools untuk mempermudah pekerjaan kita.

2. Website, Hosting dan Domain berbayar

Jika Anda ingin serius dalam berbisnis internet dan ingin mendapatkan hasil lebih, maka anda juga harus berani invest lebih. Akan sangat kontradiktif jika anda menawarkan bisnis internet dengan hasil puluhan juta setiap bulannya tapi website/blog anda masih menggunakan layanan gratis seperti wordpress.com, blogspot.com atau media gratis lainnya.

3. Koneksi Internet

Sepintas jika anda memiliki koneksi internet sendiri entah itu menggunakan modem atau koneksi wifi pada awalnya akan terlihat mahal, karena anda perlu membelinya pertama kali. Tapi coba hitung, harga modem saat ini berkisar 300.000-600.000, langganan internet perbulan antara 100.000-300.000 tergantung modem dan layanan internet yang anda gunakan.

Sebagai contoh, kami menggunakan wifi seharga 600.000/bulan dan langganan kartu internet perbulan hanya 100.000. Bandingkan jika anda harus ke warnet, katankanlah 3 jam perhari dengan rate 5.000/jam dikalikan 30 hari = 450.000. Belum lagi masalah kenyamanan, resiko keamanan data dan privasi.

4. Rekening Bank, Kartu Kredit, Paypal

Mungkin ini bukanlah syarat yang sulit, hampir semua orang memiliki rekening bank. Gunakanlah rekening bank yang biasa dan banyak digunakan untuk bertransaksi online seperti BCA, BRI dan Mandiri.

Namun, bisnis online tidak mengenal batas negara, yang tentunya rekening bank lokal tersebut tidak bisa digunakan untuk transaksi secara internasional. Untuk itu anda perlu memiliki kartu kredit ataupun PayPal. Untuk keperluan transaksi online gunakanlah kartu kredit yang berlogo Visa atau MasterCard karena banyak diterima di berbagai merchant.

Namun untuk faktor keamanan sebaiknya jangan bertransaksi online menggunakan kartu kredit. Untuk lebih amannya anda bisa menggunakan PayPal. Alat pembayaran ini wajib dimiliki oleh pebisnis online.

5. Komputer, Laptop, Smartphone

Untuk berbisnis online gadget merupakan alat terpenting untuk menjalankan usaha tersebut. Jika tanpa gadget mana bisa anda menjalankan usahanya. Memang diawal membutuhkan modal yang cukup besar. Tapi bila anda memiliki modal materi yang pas-pasan, cukup gunakan smartphone saja.

6. Pengikut, Followers

Followers ataupun pengikut anda dimedia sosial maupun jaringan internet lainnya adalah aset terbesar. Semakin banyak followers anda, akan menguntungkan untuk bisnis online yang anda jalankan.

Baca juga: Kata motivasi bijak strategi perdagangan

Demikian artikel dari captionkeren.net tentang modal untama bisnis online untuk pemula. Semoga berguna untuk anda yang ingin memulai bisnis online.

0 komentar