Type something and hit enter

On

Cara promosi makanan - Buat anda yang baru pertama kali berkunjung di web kami terima kasih kami ucapkan. Artikel kali ini membahas cara promosi produk makanan yang paling ampuh untuk anda beserta tips dan triknya. Yang pasti sangat bermanfaat untuk anda ataupun bisnis makanan anda.

cara promosi makanan paling ampuh

Tidak cukup kualitas yang bagus dan pengiriman yang cepat saja untuk bisa memenangkan persaingan di bidang makanan. Untuk bisa mempromosikan produk makanan yang menarik pelanggan, anda harus tampil berbeda dari pesaing. Don't be a general, Be a unique.


Baca juga: Tips dan cara memulai usaha catering


Jangan jadi seperti kebanyakan, tapi jadilah unik. Dengan menjadi unik maka anda akan menarik pelanggan yang membeli produk bukan hanya karena harga ataupun kualitas, tapi pelanggan yang membeli produk karena suka dengan nilai keunikan anda.


Nah, pelanggan inilah yang nantinya akan menjadi pelanggan-pelanggan setia anda. Untuk menjadi unik bisa dimulai dengan cara mempromosikan produk. Dalam hal ini, makanan. Oke, kita langsung mulai. Berikut cara promosi makanan paling ampuh dan wajib anda coba.


Cara mempromosikan produk makanan


1. Storytelling


Setiap produk punya kisah sendiri, kisah inilah yang menjadi pembeda dengan produk lain. Mulailah dengan menceritakan kisah dibalik kenapa produk makanan tersebut ada di dalam daftar menu anda. Contohnya seperti ketika jalan-jalan ke daerah lain maupun ke luar negeri suka icip-icip menu kuliner khas negara tersebut. 


Nah, jika ada yang enak maka sepulangnya ke Indonesia akan coba dibikin di Indonesia. Tapi diramu dengan bahan-bahan yang ada di Indonesia pastinya. Jika ternyata hasil racikannya enak, maka dikasih nama khusus dan dijadikan menu makanan di restorannya. Jadi, di dalam setiap menu ada kisahnya tersendiri dibelakangnya.


Hal ini akan menjadi menarik jika anda bisa menceritakan pada saat anda promosi. Tentu ini membuat penasaran orang dan jadinya ingin dicoba. Dengan storytelling, maka branding anda pun ikut terbangun. Dan saya yakin, setiap dari anda pasti memiliki kisah unik yang berbeda dari orang lain. Jadi, mulailah ceritakan kisah anda. Kemudian anda bisa posting/promosi di sosial media Facebook, Instagram, Youtube. Itu salah satu dari cara membuat promosi makanan, berikutnya;


Baca juga: Tips jualan online untuk pemula 2021


2. Behind the scene.


Mungkin anda pernah datang ke toko roti ataupun ke restoran yang dapurnya terlihat langsung dari luar. Dan wanginya makanan menyebar kemana-mana. Menurut anda, menggoda untuk mampir dan makan di sana atau tidak?


Meletakkan pembuatan makanan di depan ini adalah bentuk promosi yang paling ampuh yaitu behind the scene. Di social media anda pun bisa melakukan promosi behind the scene ini. Bentuknya bisa bermacam-macam. Misalnya anda bisa mulai dari sesi pertama, bagaimana anda memilih bahan-bahan berkualitas untuk produk makanan anda.


Kemudian di sesi berikutnya anda bisa menceritakan bagaimana anda mengolah bahan-bahan tersebut menjadi produk makanan yang menggugah selera. Dan di sesi berikutnya lagi, anda bisa menceritakan bagaimana pengemasan yang dilakukan dengan sangat higienis.


3. Berbagi ilmu atau edukasi.


Sekarang ini bukan jamannya lagi pelit ilmu, karena hampir segala sesuatu dapat di cari di Google ataupun Youtube. Peganglah suatu prinsip bahwa dengan anda berbagi banyak ilmu, maka anda akan menjadi semakin bahagia dan tambah sukses.


Berbagi ilmu atau edukasi ini, seperti menceritakan dalam bentuk storytelling. Misalnya, bagaimana cara membuat kue anti bantat untuk pemula. Atau bagaimana cara bikin sambel yang super pedas, super crunchy, dan super enak.


Dengan berbagi ilmu maka orang-orang akan menjadi semakin kenal dengan anda. Dan pada akhirnya mereka akan lebih tertarik. Mereka akan sukarela memfollow anda dan branding anda menjadi naik penjualan andapun akan meningkat.


4. Siaran live streaming di social media


Tiga hal di atas akan sangat bagus lagi jika anda bisa membuatnya dalam bentuk video. Tapi jika misalnya anda gaptek dan tidak tahu cara editing, ataupun sibuk banget gak sempet bikin video. Ada cara yang sangat praktis, paling mudah dan langsung jadi, yaitu live di social media. Sekarang banyak sekali yang pada live di Instagram, di Facebook, di Youtube. Andapun harus mencobanya.


5. Endors


Nah, jika anda memiliki dana lebih anda bisa endors artis-artis yang mempunyai banyak followers. Tapi pastikan pada saat anda endors, pilihlah artis yang cocok, sesuai dengan produk anda. Sehingga dengan demikian brand andapun akan semakin terbangun.


6. Beriklan


Tahukah anda, bahwa sosial media juga menyediakan para pebisnis untuk beriklan di platform mereka. Dengan sejumlah dana bisnis anda akan tersebar sesuai target keinginan anda. Dan biaya yang dikeluarkan tergantung berapa orang yang anda targetkaan untuk melihat iklan anda. Tempat iklan tersebut seperti Google Ads, Fb Ads, Instagram Ads, Twitter, TikTok Ads dan lainnya. 


Baca juga: Penjelasan langkah-langkah memasarkan produk secara online


Sekarang anda bisa mempromosikan produk dengan 6 cara promosi makanan paling ampuh ini. Tinggal mau pilih yang berbayar ataupun gratis. Apakah diantara enam ini ada yang sudah diterapkan dalam bisnis anda?. Jika ada, boleh dong berbagi pengalaman di kolom yang sudah disediakan.


Jika anda menyukai artikel ini dan mendapatkan manfaat, yuk share ke social media dan share juga ke teman-teman anda yang lain. Kami doakan bisnis anda semakin sukses dan anda sehat selalu, Aamiin.  Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

0 komentar