f Tips Cara Membuat Deskripsi Toko Online Terlengkap

Type something and hit enter

On

Membuat deskripsi toko online - Tingginya tingkat kompetisi yang dihadapi oleh para pedagang online, baik itu supplier, reseller maupun dropshipper, bisa dibilang cukup tinggi. Di dalam studi kasus kali ini, akan membahas bagaimana cara untuk menciptkan deskripsi produk yang baik untuk toko online yang anda kelola.

cara membuat deskripsi toko online

Agar dapat menarik perhatian calon buyer, ada dua hal utama yang perlu kalian perhatikan;


  1. Kualitas gambar foto produk jualan.
  2. Deskripsi produk. Deskripsi produk harus cukup singkat sehingga calon buyer kalian juga tidak malas untuk membacanya. Namun juga haruslah bersifat informatif, supaya dalam waktu singkat tersebut, mereka sudah bisa menyimpulkan sendiri mengenai kualitas produk yang akan kalian jual.

Baca juga: Tips jualan online untuk pemula 


Jadi harus seberapa panjang?, tidak ada jawaban pasti, tapi untuk menentukan faktor terbaik untuk produk toko online kalian, anda bisa coba mengacu pada sebuah konsep pemasaran yang dikenal dengan istilah “AIDA”. si AIDA si bilangnya, untuk bisa menggiring calon buyer ke proses pembelian, setidaknya ada empat tahapan yang harus dilalui, yaitu:


  • Attention: Mendapatkan perhatian calon buyer potensial
  • Interest : Membangkitkan minat
  • Desire : Mampu membuat mereka kepengen sama produk kalian; dan
  • Action : Melakukan tindakan, yaitu ORDER

Bagaimana Calon Buyer Dapat Melewati Tahap AIDA?


Bagaimana calon pelanggan dalam melewati tahap AIDA tentunya akan bervariasi menurut produk dan karakteristik dari pasar itu sendiri. Misalnya, apakah produk yang kita tawarkan itu merupakan produk yang umum ataupun limited serta termasuk sebuah produk yang sederhana untuk dipahami ataukah membutuhkan pemahaman yang lebih kompleks (sepetri produk seni misalnya). 


Apa yang memotivasi orang untuk membeli produk, jumlah merek yang sudah ada di pasaran, jumlah calon calon pelanggan di keyword produk tersebut dan agresivitas pesaing serta strategi pemasaran yang mereka terapkan.


Baca juga: Tips jualan online sukses yang wajib ditiru


Dengan memahami calon calon pelanggan kalian, AIDA bisa menjadi salah satu metode pemasaran yang cukup powerfull dalam menentukan cara terbaik untuk menulis deskripsi produk Kalian.


Jadi bagaimana Kalian bisa menggunakan teori di atas untuk menentukan panjang deskripsi produk Kalian? Berikut adalah beberapa tipnya:


Cara Membuat Deskripsi Toko Online


1. Jika produk Kalian rumit dan membutuhkan banyak informasi untuk dijawab sebelum calon pelanggan membelinya, maka cobalah menggunakan tab produk untuk memecah informasi menjadi beberapa potongan kalimat atau paragraf yang lebih mudah dicerna.


2. Gunakan tabel spesifikasi dan informasi penting tentang produk kalian. Ini membantu calon pelanggan dalam memahami elemen kunci suatu produk tanpa harus banyak membaca melalui informasi terperinci yang terlalu banyak.


Baca juga: Tips sukses jualan di marketplace yang wajib anda ketahui


3. Kalian juga bisa menggunakan titik-titik atau garis pemisah untuk memecah paragraf yang panjang kedalam beberapa bagian. Hal ini supaya deskripsi menjadi lebih mudah untuk dibaca.


4. Jangan gunakan deskripsi pabrikan alias sama persis dengan deskripsi toko supplier kalian. Terlepas dari panjangnya, deskripsi pabrikan akan disalin dan digunakan oleh ratusan pesaing dropshipper kalian, yang tentunya tidak akan ada bedanya lagi di mata calon pelanggan kalian.


5. Salah satu cara terbaik untuk menulis deskripsi adalah seperti sebuah surat kabar yang menulis sebuah cerita. Meletakkan poin-poin terpenting dari produk kalian di bagian paling awal diikuti dengan bagian pelengkap (drskripsi general) dibawahnya. Dengan asumsi orang-orang mungkin akan berhenti membaca kapan saja.


Jadi, sementara tidak ada jawaban yang tepat untuk pertanyaan berapa lama deskripsi produk seharusnya. Aturan praktisnya adalah menulis deskripsi yang unik dan menyimpannya sesingkat mungkin. Berikan informasi yang cukup relevan dengan audiens yang kalian tuju dan jenis produk yang kalian miliki.


Baca juga: Penjelasan langkah-langkah memasarkan produk secara online


Demikian contoh cara membuat deskripsi toko online yang harus dipelajari. Deskripsi toko online salah satu bagian terpenting ketika berjualan online. Sebab calon pembeli akan selalu ingin tahu detail jenis barang yang akan dibeli olehnya. Jika anda dapat meyakinkan pembeli dengan mendeskripsikan barang secara detail, lengkap dan singkat, maka calon pembeli semakin yakin dengan barang jualan anda.