Type something and hit enter

On
Penjelasan langkah-langkah memasarkan produk secara online - Internet marketing termasuk salah satu metode pemasaran yang perlu dipakai oleh semua pebisnis. Mengapa? Karena saat ini dunia sudah begitu larut dalam kecanggihan internet. Hampir semua aspek kehidupan manusia sudah sangat bergantung kepada internet.

penjelasan langkah langkah memasarkan produk secara online

Beragam manfaat pun bisa didapat oleh para marketer jika mereka memasarkan produk secara online. Budget marketing yang relatif kecil, bisa menjangkau pasar yang amat luas, adalah contoh-contoh keunggulan memasarkan produk di internet.

Baca juga: Berikut yang termasuk kerugian kegiatan promosi secara online adalah

Bagi anda para pemilik bisnis, sudah saatnya membawa bisnis anda ke ranah internet. Di tulisan kali ini, kami akan memberi penjelasan langkah-langkah memasarkan produk secara online. Tak hanya sekadar membahas cara pemasaran, kami juga akan membongkar rahasia agar produk anda cepat laku ketika dipasarkan melalui internet.

Berikut contoh sarana pemasaran produk di internet


1. Toko Online

Anda dapat menggunakan toko online sebagai sarana pemasaran produk anda. Toko online cocok digunakan untuk memasarkan produk dalam jumlah banyak dan menawarkan pilihan yang beragam. Produk-produk yang cocok dipasarkan lewat toko online misalnya sepatu, kaos, aksesoris, makanan, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara membuat toko online?

Untuk membuat toko online, caranya relatif mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar. Yang pasti membuat toko online hampir sama seperti saat anda membuat website. Toko online termasuk salah satu jenis website.

Untuk membuat toko online, inilah 3 hal yang Anda butuhkan

Anda butuh domain. Domain adalah alamat website anda. Contoh sebuah domain misalnya Facebook.com, Google.co.id. Nah itu domain. Domain ini diperlukan agar orang-orang bisa mengakses toko online anda.

Anda butuh hosting. Selain butuh alamat web, anda juga butuh hosting. Hosting merupakan tempat penyimpanan file toko online anda di internet. File-file toko online misalnya : foto produk, kalimat penawaran produk, template toko online anda, dsb.

Anda butuh aplikasi toko online. Supaya kita tidak perlu melakukan programming toko online sendiri, kita dapat menggunakan aplikasi yang memang sudah tersedia dan dapat digunakan untuk membuat toko online. Ada banyak aplikasi toko online yang dapat digunakan.

2. Blog

Untuk menjual barang secara online, anda tidak harus menggunakan toko online. Produk-produk tertentu justru lebih cocok bila dipasarkan lewat blog. Bagaimana cara memasarkan produk lewat blog?

Untuk memasarkan produk lewat blog ada dua cara yang dapat digunakan. Dua cara pemasaran produk lewat blog antara lain :

Dengan menggunakan banner promosi produk. Jadi, anda dapat memasang banner promosi dari produk yang anda jual di blog. Nah ketika banner tersebut diklik oleh pengunjung blog, si pengunjung tadi akan diarahkan ke halaman penawaran produk anda.

Dengan menggunakan artikel pemasaran. anda juga bisa membuat artikel-artikel pemasaran di blog, yang mana artikel tersebut ditujukan untuk memasarkan produk-produk Anda.

3. Facebook

Ya, Facebook termasuk salah satu media yang dapat digunakan untuk berjualan online. Sebagai salah satu jejaring sosial dengan jumlah pengguna paling banyak di dunia, Facebook merupakan “pasar” yang amat besar. Hanya saja, berjualan produk di Facebook tidak sama seperti kita menawarkan produk lewat blog ataupun toko online. Mengapa?

Karena pada dasarnya Facebook adalah jejaring sosial. Orang-orang menggunakan Facebook karena mereka ingin bersosialisasi.

Untuk menawarkan produk lewat Facebook, anda dapat memakai halaman Facebook(FP), Grup, ataupun akun personal di Facebook.

Baca juga: Kata motivasi bijak motivasi perdagangan

4. Twitter

Tak hanya Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media sosial yang populer saat ini. Twitter juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran produk anda. Agar bisa memasarkan produk lewat Twitter, anda perlu memiliki akun Twitter. Tak sekadar akun Twitter, anda juga perlu akun Twitter yang punya banyak followers.

5. Berjualan online melalui situs jual beli(marketplace)

Selain menggunakan berbagai media yang tadi sudah disebutkan, anda juga bisa memasarkan produk di internet melalui berbagai situs jual beli online yang tersedia. Contoh situs jual beli online misalnya: Olx.co.id, Tokopedia, BukaLapak, Shopee dan masih banyak lagi.

Jika anda berjualan online melalui situs-situs seperti ini, langkah-langkah yang anda lakukan akan lebih praktis dibanding membuat toko online/web sendiri. Deskripsikan produk anda sedetail mungkin, tunjukkan kelebihan dan kekuragannya. Gunakan foto real hasil jepretan foto sendiri.

Balas setiap komentar maupun chat yang masuk, lebih cepat akan lebih baik. Jangan biarkan konsumen menunggu lama, karna mereka akan kecewa dan pidah ketempat yang lain. Pastikan melayani dengan ramah dan memberi kesan pembeli adalah raja.

Baca juga: Tips sukses jualan di marketplace yang wajib anda ketahui

Itu beberapa media yang dapat anda gunakan untuk memasarkan produk di internet. Dari beragam media yang tersedia, pastikan memilih media online yang paling tepat untuk pemasaran produk anda. Agar barang yang anda jual bertambah laku dan memberi keuntungan.

Sekian penjelasan langkah-langkah memasarkan produk secara online agar cepat laku. Semoga bermanfaat, dan pastikan bisnis anda sukses selalu.

0 komentar