Type something and hit enter

On
Kata bijak mendidik anak - Rumah adalah tempat belajar pertama bagi anak anak dan ibu adalah guru pertama dan guru terbaik. Di tempat tersebut (rumah), anak akan belajar apapun dari personil yang ada di rumah, entah itu ayah ibunya, kakek neneknya, paman bibinya, dan para tetangganya.

Namun, dari sekian banyaknya personil di rumah, tetap yang menjadi pengajar utama adalah orang tua atau ayah dan ibunya. Pendidikan anak dalam keluarga untuk mengajarkan kasih sayang, pengertian, komunikasi, rasa percaya diri, dan lain sebagainya.

kata bijak mendidik anak
Kata bijak mendidik anak
Itu semua harus diajarkan oleh orang tua melalui contoh perilaku kehidupannya. Jika hal baik yang dicontohkan, maka hal tersebut akan membekas selamanya. Begitu pun sebaliknya jika hal buruk yang dicontohkan, maka hal tersebut pun akan membekas selamanya.

Baca juga: Kata-kata bijaksana terbaru hari ini

Ayah adalah salah satu figur teladan otak anak ibarat spon yang memiliki daya serap yang tinggi. Dia bisa menyerap semua informasi yang didapatkan melalui apa yang dia lihat, dia dengar, dan dia rasakan saat di rumah.

Maka tidak sedikit anak yang memiliki latar belakang keluarga yang berantakan dan kurang harmonis. Saat dewasa menjadi anak yang tidak teratur dan berantakan, walaupun sudah disekolahkan di sekolah unggulan atau sekolah yang menerapkan disiplin yang ketat.

Tetap saja anak tersebut tidak bisa diatur karena kebiasaan tersebut sudah membekas sejak kecil. Berbeda dengan anak yang dibesarkan dengan kasih sayang. Menyaksikan usaha dan kerjasama orang tuanya dalam membesarkan dan mendidiknya.

Walau sekolah hanya dijenjang Sekolah Dasar pun anak tersebut akan mengerti tentang bagaimana mengasihi sesama dan bagaimana memperjuangkan tanggung jawabnya. Apapun perilaku dan kepribadian yang ditunjukkan orang tua kepada anak adalah pendidikan anak dalam keluarga.

Baca juga: Kata-kata harapan, mutiara, bijak, motivasi bulan September

Sebagai orang tua, kita pasti menginginkan yang terbaik buat anak!. Oleh karena itu, simak artikel tentang kata bijak mendidik anak dan pendidikan karakter anak untuk keluarga berikut ini :

Kata bijak untuk orang tua dalam mendidik anak


1. Ingatlah bahwa Anda adalah figur yang akan diteladani anak Anda

Menjadi figur memang tidak mudah, apapun yang kita lakukan akan menjadi teladan bagi orang yang mengagumi figur kita. Orang tua adalah figur idola bagi anak anaknya, darinya anak belajar tentang segala hal yang dicontohkan. Baik itu hal buruk ataupun hal baik.

Ingatlah ini selalu, agar Anda bisa menahan emosi dan mengontrol diri di rumah sehingga memperlihatkan keharmonisan. Menunjukkan rasa saling menghargai, memperlihatkan upaya saling mendukung, dan cara menunjukkan limpahan kasih sayang di hadapan sang anak.

2.Rumah adalah Madrasah/Sekolah pertama bagi anak

TK, SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi adalah jenjang pendidikan lanjutan bagi sang anak. Awal mula anak digembleng, dididik, dan diarahkan adalah sebelum itu, yaitu Madrasah/Sekolah rumah. Siapa pengajarnya?? Tentu saja orang tua dan orang yang ada dalam rumah.

Karena itu, buatlah rumah sebagai Madrasah/Sekolah yang selalu mengajarkan kebaikan dan pendidikan anak dalam keluarga. Sayangi dan cintailah mereka dengan sepenuh hati.

Baca juga: Kata kunci motivasi sukses dalam hidup dan usaha

Kata-kata bijak untuk anak


Orang tua adalah orang yang telah melahirkan dan mempertaruhkan nyawanya buat buah hati mereka. Bahkan orang tua relah dan pasrah melakukan apapun buat anak-anaknya yang penting anaknya kelak menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara. Yang paling penting adalah berbakti kepada keduanya di kala mereka masih hidup lebih-lebih disaat mereka sudah tiada.

"Buat anak-anakku tersayang, pesanku buat ananda semua bahwa hidup ini hanya sekali saja. Maka dari itu jangan pernah merusak hidup ini dengan sesuatu yang tidak benar tapi lakukanlah hidup ini sesuai dengan perintah Allah Swt. Insya Allah, saya akan bangga menjadi orang tuamu"

"Sesungguhnya, sejelek apa pun rupa maupun sifat orang tua kita, mereka tetap layak dan harus dihormati. Seperti kita memperlakukan orang tua kita, demikian pula kelak yang akan diperlakukan anak-anak kepada kita"

"Membahagiakan orang tua adalah tujuan kita sebagai seorang anak untuk membalas jasa-jasa mereka. Mendidik anak-anaknya dengan sabar penuh kasih sayang. Pengorbanan mereka tak mampu kita balas dengan apapun" 

"Kebahagiaan orang tua adalah tolak ukur kesuksesan anda sebagai seorang anak yang mampu membahagiakan mereka di kala mereka tak sanggup untuk menghidupi dirinya sendiri"

"Siapa yang mendurhakai orang tua, kelak ia akan didurhakai oleh anaknya. Siapa yang tidak mendoakan orang tuanya, maka akan sempit rizqi dan kehidupannya"

"Terimakasih Ibu, karenamu aku memahami air mata. Dan karena engkau pula aku memahami cinta yang sebenarnya cinta"

"Berbakti kepada orang tua semaksimalnya, supaya rezeki dan jalan hidup diberi kelapangan dan kekuatan. Karena restu ortu itu sesuatu"

"Terkadang dalam bersedih, ayah lebih memilih untuk berdiam. Karena dia memang tak mampu untuk menangis"

"Ayah dalam sakitnya pun, pasti selalu dan akan memikirkan nasib keluarganya untuk masa depannya kelak nanti"

"Hati seorang Ibu itu adalah pintu rahasia tempat dimana cinta bersemayam, bukan untuk sakiti tetapi berbahagialah disana"

"Ayah melantunkan Adzan di telinga kita saat lahir, itulah suara terindah yang pertama kali kita dengar"

"Pelukan seorang Ibu penuh dengan kelembutan, di mana seorang anak bisa tidur dengan nyenyak di dalamnya"

"Jika ayah sampai mengeluarkan air mata sedih karena kelakukan kita, itu ialah hal paling luka di hatinya"

"Cinta ibu ibarat bahan bakar yang memungkinkan manusia normal melakukan hal-hal yang tidak mungkin"

"Bahagiakan orang tua anda, itulah salah-satu target utama manusia-manusia sukses dimasa depan"

Mari kita jadikan generasi penerus kita sebagai orang yang berkepribadian baik, istimewa dan luar biasa dengan melakukan pendidikan karakter anak. Demikian artikel tentang kata bijak mendidik anak. Semoga sebagai orang tua mampu bersikap bijaksana terhadap anak-anaknya. Terima kasih sudah berkunjung di captionkeren.net.

0 komentar