f Berikut yang Termasuk Kerugian Kegiatan Promosi Secara Online Adalah

Type something and hit enter

On
Berikut yang termasuk kerugian kegiatan promosi secara online adalah - Pemilihan media online maupun offline untuk keperluan promosi merupakan salah satu strategi promosi. Strategi promosi yang dimaksud adalah strategi publikasi.

berikut yang termasuk kerugian kegiatan promosi secara online adalah

Dengan cara ini sebuah produk dapat diketahui oleh banyak orang. Dengan melakukan kegiatan promosi, produk kita akan dikenal olah banyak orang, sehingga peluang untuk terjual akan lebih besar.

Seiring perkembangan teknologi, penggunaan media sosial juga sudah banyak digunakan untuk melakukan kegiatan promosi online. Seperti melalui Google Ads, FB Ads, Instagram, TikTok, Twitter dan lainnya.

Pengertian promosi online


Promosi online adalah kegiatan dalam menjual produk atau jasa melalui jaringan digital, seperti jaringan internet maupun telepon. Sedangkan e-marketing adalah penggunaan aplikasi elektronik dalam rangka untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep promosi, distribusi, menentukan harga untuk menciptakan pertukaran informasi yang dapat memuaskan individu atau organisasi.

Setelah melihat-lihat media promosi secara online, kita bisa mengetahui beberapa kelebihan dan kerugian promosi secara online. Hal ini bisa menjadi pertimbangan dan bisa menjadi landasan membuat suatu strategi perdagangan yang pas dan tepat.

Tujuan promosi secara online


Promosi merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh pemilik sebuah produk, beberapa tujuan dilakukan promosi antara lain:
  1. Menambah angka penjualan
  2. Mengenalkan produk kepada calon pembeli
  3. Memunculkan loyalitas dari pelanggan
Baca juga: 9 Inspirasi cara menemukan peluang bisnis

Kelebihan promosi online


1. Tidak memerlukan biaya yang besar, cukup bayar biaya bulanan internet.

Tapi cara seperti ini biasanya terbatas untuk cakupan konsumen.

2. Jangkauan pemasaran lebih luas

Jika pemasaran semakin luas, tentu akan memberi peluang produk anda semakin dikenal banyak orang. Dan peluang produk anda terjual lebih banyak semakin terbuka lebar.

3. Tidak terikat waktu , kapan saja kita mau promosi kita sendiri yang akan menentukan

Anda dapat memilih dan menentukan sendiri kapan produk anda akan dipromosikan. Misalnya konsumen akan lebih rame dijam 20.00 malam. Nah, anda menjalankan promosi online dijam tersebut.

4. Bisa menghemat waktu dan biaya

Promosi online memang banyak menghemat waktu, anda tidak perlu menawarkan barang dari pintu kepintu. Atau membuat spanduk atau banner iklan untuk dipasang ditempat keramaian.

5. Bisa anda lakukan dimana saja

Dirumah maupun dikantor anda dapat menjalankan promosi online, asal ada internet dan gadget ditangan.

Berikut ini yang termasuk kerugian kegiatan promosi secara online adalah


Promosi secara online tak hanya mendatangkan keuntungan maupun kelebihan. Tapi juga bisa menimbulkan kerugian. Seperti contoh berikut yang termasuk kegiatan promosi secara online adalah:

1. Kepercayaan konsumen lebih kecil , karena merasa takut tertipu dengan membeli secara online.

Tidak bertemunya antara kedua belah pihak antara produsen dan konsumen menjadikan kepercayaan sedikit berkurang. Kecuali sudah memiliki nama dan brand terpercaya.

2. Produk terlihat tidak nyata , karena produk yang di tawarkan hanya berupa foto / diskripsi detail produk tersebut.

Memang ada beberapa jenis produk yang harus diteliti secara nyata. Seperti peralatan musik, peralatan fotografi dan lainnya. Karena konsumen ingin tahu bagaimana hasil dari kelebihan dan kekurangan alat tersebut secara detail dan langsung.

3. Kredibilitas dari bisnis yang di jalankan.

4. Membutuhkan peralatan yang memadai, seperti laptop dan alat pendukung promosi lainnya.

5. Dibutuhkan skill yang mumpuni agar tidak boncos ataupun besar pengeluaran daripada pendapatan.

6. Harus siap standby 24 jam untuk membalas chat/pesan dari konsumen.

Dari kelebihan dan kerugian kegiatan promosi secara online tersebut maka bisa disimpulkan. Menjalankan suatu bisnis online butuh suatu strategi pemasaran yang lebih baik dari bisnis offline.

Anda harus membangun kredibilitas terlebih dahulu. Dengan membangun kepercayaan dari konsumen maka akan memudahkan anda meningkatkan penjualan. Karena pada saat ini banyak masyarakat memilih membeli / menjual secara online, namun tidak sedikit dari mereka yang menjadi korban penipuan.

Kata-kata bijak motivasi tentang promosi 


1. Jika anda mempromosikan produk jelek dengan masif. Maka anda sedang mempromosikan jeleknya organisasi anda.

2. Marketing tidak hanya memperkenalkan sebuah benda kepada seseorang. Tapi juga melukis benda itu sehingga orang-orang tertarik untuk melihatnya.

3. Teknologi membuat anda mampu memasarkan produk anda dengan lebih luas, lebih cepat dan lebih murah.

4. Dunia akan selalu menemukan cara-cara baru untuk memasarkan produk-produk mereka. Dan Andapun harus mempelajari cara-cara baru yang ditemukan tersebut.

5. Barang bermutu tinggi tak selalu menjadi yang terlaris. Karena tak semua orang tahu kalau barang itu bermutu tinggi.

6. Dengan tehnik pemasaran yang lebih baik, anda bisa menjual lebih banyak dengan lebih sedikit tenaga. Untuk itulah kami selalu melakukan perbaikan dan penyempurnaan sistem.

7. Terkadang anda akan membeli sesuatu meskipun sesuatu itu lebih mahal dan lebih jelek dari produk lainnya. tapi itu tak terjadi terus menerus.

8. Orang bilang produk ini bagus, makanya saya membelinya. Saya merasa produk ini bagus, makanya saya merekomendasikannya.

9. Internet dengan segala inovasi didalamnya, adalah gerbang marketing menuju tingkat yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

10. Cara terbaik untuk memasarkan sesuatu adalah "tidak ada". Karena setiap hal membutuhkan cara pemasaran yang berbeda-beda. Sebuah metode menjadi paling baik dilakukan pada produk tertentu, tapi paling buruk jika dilakukan di produk yang lain.

11. Kita tak akan memilih barang yang tak pernah muncul didepan mata kita. Dan kita akan menendang barang yang selalu muncul di depan mata kita.

12. Anda bisa mendapatkan seribu pembeli dengan mudah. Tapi apakah anda bisa mendapatkan 1000 pembeli setia dengan mudah?.

13. Rahasianya singkat dan jelas. Anda tak perlu mengiklankan warung rumahan anda di televisi.

14. Sampaikan kepada kami hal-hal yang penting saja. Selebihnya silahkan di hilangkan.

15. Sebenarnya saya tidak terlalu tertarik dengan produk itu. Tapi produk itu mengigatkanku dengan sesuatu yang berharga bagi saya. Makanya saya membelinya.

16. Jika anda tidak memiliki dana yang sama dengan perusahaan besar, maka jangan melakukan teknik promosi yang sama dengan mereka.

17. Para pelanggan berkata "kami juga manusia". Jika anda mendapat untung dari transaksi ini, maka kami juga ingin merasakan untung dari transaksi ini.

18. Jual kepada suatu komunitas, atau jual kepada orang yang memiliki pengaruh pada suatu komunitas.

19. Tehnik yang dibutuhkan saat menjual permen berbeda saat menjual mobil mewah. Tapi jika mau diteliti, kita akan menemukan beberapa persamaan dan menemukan beberapa pelajaran dari tehnik menjual mobil mewah.

20. Pemasaran itu membutuhkan biaya. Dan biaya itu akan menghilang entah kemana tanpa anda bisa mengambil sesuatu darinya, kecuali jika anda menaruh alat pelacak padanya.

Baca juga: Kata-kata motivasi menjadi pengusaha muda sukses