f Doa Makan Malam Natal dan Makna Natalan

Type something and hit enter

On

Doa makan malam Natal dan makna Natalan - Apakah Anda bersemangat untuk bersatu kembali dengan keluarga Anda untuk makan malam Natal?.


Kami ingin menggunakan waktu ini untuk berbicara tentang makna Natal dan membantu Anda mendapatkan kerangka berpikir yang benar. Dan memberi Anda beberapa perspektif saat Anda mempersiapkan diri untuk bersama teman dan keluarga di musim Natal ini.

doa makan malam natal
Doa makan malam Natal

Natal sekarang tinggal beberapa hari lagi. Hampir semua orang di mana-mana bersemangat mengingat dan merayakan kelahiran Yesus Kristus, Juruselamat dunia.


Natal adalah momen spesial ketika keluarga berkumpul bersama dan mengenang kelahiran Yesus. Ini lebih dari sekedar ulang tahun yang sederhana. Ini tidak seperti ulang tahun lainnya di masa lalu, sekarang, dan masa depan.


Bahkan sebelum langit dan bumi dikandung dan diciptakan, kedatangan Yesus sudah direncanakan dan diniatkan oleh Allah Bapa. Selama penciptaan dalam kisah Kejadian, Tuhan sudah mengetahui bahwa manusia akan berdosa dan karenanya membutuhkan seorang Juruselamat.


Dalam Perjanjian Lama, Hukum dan Para Nabi menubuatkan kedatangan Juruselamat, penguasa, dan Raja segala raja. Hal itu terjadi tepat seperti yang diramalkan dan diharapkan (Mikha 5:2).


Ia lahir dari seorang perawan melalui kuasa Roh Kudus. Ini berarti bahwa Yesus bukan hanya sepenuhnya Allah tetapi Ia juga seorang manusia. Yesus dibesarkan dalam perawakan penuh dalam hikmat dan perkenanan dengan Allah dan manusia. Dia menjalani kehidupan yang sempurna tanpa dosa, tanpa cela, dan diberkati.


Baca juga: Doa pendek untuk berterima kasih kepada Tuhan


Yesus mengajar umat-Nya tentang kerajaan Allah dan menyembuhkan orang sakit, mentahirkan penderita kusta, membebaskan orang yang tertindas dan kerasukan setan serta membangkitkan orang mati. Dia menjalani kehidupan tanpa pamrih yang supernatural.


Pada usia 33, Yesus ditangkap, dan disalibkan di Salib Kalvari. Ini adalah tujuan dan takdir-Nya – untuk menyerahkan hidup-Nya dan menumpahkan darah-Nya di kayu Salib untuk membayar hukuman atas semua dosa kita dan memberi kita kehidupan kekal sebagai gantinya sehingga kita tidak akan mati di neraka tetapi hidup bersama Dia untuk selama-lamanya.


Makna Natal yang sebenarnya adalah kelahiran Juruselamat dunia yang datang untuk mati agar kita dapat menghabiskan kekekalan bersama Tuhan. Ini bukan hanya ulang tahun biasa, ini adalah keselamatan manusia!


Sudahkah Anda menerima Yesus ke dalam hati dan hidup Anda? Apakah Anda ingin menerima karunia hidup kekal sekarang dan menjalani kehidupan yang berkomitmen penuh kepada Allah dan tujuan-Nya?


Ucapkan doa ini:


"Tuhan Surgawi, saya menyembah dan berterima kasih karena telah mengirimkan Putra-MU, Yesus Kristus untuk menderita dan wafat dan membayar semua dosa saya. Ampunilah aku dari segala dosaku dan bersihkan aku sepenuhnya dengan darah-Nya. Saya mengaku dengan mulut saya bahwa Yesus adalah Tuhan dan percaya dalam hati saya bahwa Dia adalah Juruselamat. Aku berpaling dari segala dosa dan jalanku yang jahat. Saya berdoa agar Yesus masuk ke dalam hati saya dan mengubah hidup saya. Saya percaya bahwa nama saya sekarang tertulis di dalam Kitab Kehidupan dan Engkau telah memberi saya Roh Kudus untuk membawa kehidupan kepada saya di segala bidang. Berkuasalah dalam hidupku sekarang. Terima kasih untuk Roh Kudus yang akan membimbing dan mengarahkan langkah saya dan membantu saya untuk menjalani kehidupan yang menyenangkan Tuhan, dalam nama Yesus saya berdoa. Amin."


Jika Anda telah berdoa doa keselamatan, yakinlah bahwa Anda sekarang adalah anak Allah dan Yesus sekarang hidup di dalam hati Anda dan akan mulai terwujud dalam hidup Anda. Ini adalah hadiah terbaik yang Anda terima pada Natal ini. 


Hadiah terbaik yang dapat Anda berikan kepada Tuhan adalah untuk mengasihi Dia kembali dan orang lain dan membagikan kabar baik ini kepada keluarga dan teman-teman Anda. Ini akan menjadi Natal pertama Anda di mana Anda benar-benar memahami arti sebenarnya.


Bagaimana sebaiknya kita merayakan Natal?


Bagi Anda yang sudah beragama Kristen, jika Anda memiliki anggota keluarga yang belum pernah mendengar Injil Yesus Kristus, inilah saat yang tepat untuk membagikan kepada mereka. 


Persiapkan hati dan jiwa Anda untuk ini dengan khusuk di hadirat Tuhan selama beberapa hari dan merenungkan Kitab Suci. 


Mintalah Tuhan untuk mengungkapkan dan mengajari Anda apa yang harus dibagikan dan bagaimana melakukannya. Juga, doakan agar Roh Kudus membuat hati mereka terbuka untuk Injil.


Alat penginjilan terbaik adalah mendemonstrasikan kehidupan Yesus melalui kata-kata dan tindakan Anda di hadapan keluarga, kerabat, dan teman Anda. Dengan cara ini, Anda bahkan tidak perlu membuka mulut tetapi mereka akan yakin dengan hidup Anda bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat Anda.


Baca juga: Renungan singkat Kristen; menyambut Natal dengan seharusnya


Mari kita hadapi itu, pada waktu Natal Anda mungkin juga melihat orang-orang yang sebenarnya tidak ingin Anda temui tetapi Anda harus melakukannya karena liburan ini. 


Nah, gunakan itu sebagai kesempatan untuk memaafkan, mendamaikan hubungan dan berdoa agar Tuhan menunjukkan kepada Anda bagaimana menangani orang-orang sulit dalam hidup Anda.


Doa Makan Malam Natal

doa makan malam natal dan makna natal

“Bapa Surgawi, kami menyembah dan memuji-Mu untuk waktu Natal ini. Terima kasih atas anugerah kehidupan dan anugerah keselamatan bagi jiwa kami. Kita menerima Yesus Kristus sekarang juga dalam hidup kita. Kami mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat kami. Bahwa Dia lahir dan bahwa Dia hidup dan mati bagi kami untuk dipersatukan kembali dengan-Mu untuk selama-lamanya.


Selamat Ulang Tahun untukmu, Yesus! Kami tidak tahu tanggal pasti ulang tahun Anda tetapi kami merayakannya sekarang dengan iman yang sama. Terima kasih atas hidup, pengorbanan, dan cinta-Mu untuk kami. Bangkitkan kembali hati kami pada arti sebenarnya dari musim Natal ini. Ajari kami bagaimana hidup sesuai dengan kehendak-Mu. Sembuhkan kami, ikat semua luka kami dan rekonsiliasi hubungan kami.


Roh Kudus, menyertai kami sekarang untuk mengajar, menghibur, melayani, menguatkan, dan mendorong kami. Ketika ada perang, bawalah perdamaian. Ketika ada penyakit, berikan kesembuhan. Ketika ada kebingungan, hadirkan keteraturan ilahi. Saat ada rasa sakit, bawalah kelegaan. Ketika ada kegelapan, bawalah terang. Ketika ada kekosongan, bawalah cinta.


Memberkati setiap anggota keluarga dan rumah tangga ini. (Anda dapat menyebutkan setiap orang dan menyatakan doa berkat atau ayat Alkitab atau kata kenabian untuk masing-masing bahkan mereka yang tidak hadir).


Kami menyatakan bahwa keluarga ini akan melayani Tuhan seumur hidup kami. Kami mendedikasikan untuk-MU, Tuhan, keluarga kami dan rumah ini dan segala sesuatu tentang kami. Wujudkan kekuatan dan kehadiran-MU di rumah ini dan di kehidupan kami.


Penuhilah hati kami dengan kasih karunia-Mu sehingga kami dapat saling mengulurkan kasih karunia. Berilah kami rahmat agar kami dapat mengampuni mereka yang bersalah kepada kami dan mengajari kami cara mencintai seperti Engkau mencintai kami.


Kami merayakan Natal sekarang bersama-Mu, Tuhan dan kami menghormati-Mu hari ini. Berkati makan malam Natal ini yang sangat kami syukuri karena kami tahu banyak yang tidak memiliki makanan hari ini. 


Jaga mereka Tuhan dan penuhi kebutuhan mereka. Sucikan makanan kami dan berkati setiap orang yang bergabung dengan kami di sini. Semoga iman, harapan, dan cinta muncul malam ini dan dalam kehidupan kita sehari-hari.


Kami mencintai-Mu, Tuhan. Dalam nama Yesus kami berdoa. Amin."


Baca juga: Doa bapa kami Katolik dalam Bahasa Inggris dan Indonesia


Gunakan doa ini pada makan malam Natal Anda tahun ini. Kami tahu Anda akan mengalami kehadiran dan kasih Tuhan.


Jangan ragu untuk kembali lagi ke blog captionkeren.net ini untuk mendapatkan lebih banyak artikel dan doa-doa untuk memenuhi kebutuhan Anda. Selamat Natal, semoga diberkati dan Kudus!