Type something and hit enter

On

Tips Cara Memilih Smartphone yang tepat - Memilih smartphone sesuai dengan kebutuhan memang terkadang gampang-gampang susah. Apalagi dengan banyaknya jenis smartphone yang ditawarkan oleh para produsen, membuat pilihan semakin sulit. 

tips cara memilih smartphone yang tepat
Tips cara memilih smartphone

Ketika dihadapkan dengan keinginan, pilihan akan terasa mudah karena pastinya kita ingin memilih smartphone yang canggih dan mewah dengan berbagai fitur dahsyat. Namun pertanyaannya adalah bagaimana memilih smartphone yang tepat karena alasan kebutuhan bukan keinginan.


Ada beberapa persyaratan dasar kenapa kita harus memilih smartphone yang ini bukan yang itu. Syarat pertama sekali adalah DANA. Ya tentu alasan tersebut sangat klasik dan akan tetap berlaku sampai kapanpun. Ketika melihat sebuah iklan yang muncul, mungkin terfikir dalam benak kita bahwa smartphone tersebut akan menjadi calon gadget kita selanjutnya. 


Baca juga: Ide hadiah pribadi


Namun melihat kondisi keuangan yang kurang memungkinkan pada saat itu maka terpaksa rencana tersebut ditunda sementara waktu. Sebenarnya kita bisa mensiasati kekurangan budget tersebut asalkan kita tahu jenis smartphone apa yang kita butuhkan. Syarat memilih smartphone yang tepat akan diuraikan lebih lanjut di bawah ini.


Tips Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan


Apabila terlalu mengikuti trend gadget saat ini, berapapun dana yang kita miliki tidak akan cukup apabila kita tidak tahu apa sebenarnya kebutuhan kita ketika memakai smartphone. Memilih smartphone yang mewakili kebutuhan harus memperhatikan hal-hal berikut. 


Dengan tujuan menekan dana pembelian gadget seminim mungkin. Tapi tetap mewakili kebutuhan sehingga kita puas dengan gadget yang ada ditangan kita:


Kepribadian


Pemilihan smartphone menurut kepribadian mungkin agak bias. Karena pribadi yang suka foto-foto tentunya berbeda dengan pemiliki smartphone yang memiliki hoby main game. Dilain sisi, terkadang pemain game pun suka selfie-selfie atau sebaliknya.


Sebenarnya perlu prioritas apakah Anda mencari smartphone dengan kemampuan kamera diatas rata-rata. Atau memiliki dapur pacu yang kuat diajak main game dengan kualitas suara dan layar yang mumpuni. Tetapkan dulu tujuan Anda membeli smartphone terbaru, fokus pada salah satu fitur yang paling mencolok di smartphone tersebut dan sesuaikan dengan kepribadian.


Baca juga: Contoh kado ulang tahun buat pacar yang berkesan


Pengetahuan


Smartphone masa kini dijejali dengan seabrek fitur yang bahkan kita tidak tahu kegunaannya. Akhirnya fitur yang paling dan lebih sering dipakai adalah fitur koneksi, kamera, sms, dan aplikasi media sosial. Padahal mungkin ada puluhan fitur lain yang disematkan dalam smartphone tersebut namun tidak mampu kita maksimalkan dengan alasan “saya beli smartphone cuma buat telponan ama sms-an doank kok”.


Kalau Anda memiliki Samsung Galaxy Note 5 yang bisa buat menggambar atau menulis catatan harian namun tidak pernah dipakai fiturnya, sayang sekali udah beli mahal-mahal. Bukan berarti kita tidak boleh membeli smartphone keren segudang fitur, namun mempertimbangkan harga dari smartphone tersebut alangkah lebih baik kita memilih yang minimalis. Minimal bisa nelpon, sms-an plus update status di eFBe dan harga murah meriah saya rasa sudah cukup.


Pekerjaan 


Memilih smartphone karena jenis pekerjaan Anda bisa jadi salah satu pertimbangan. Profesi photography mungkin dapat memilih smartphone yang memang dikhususkan untuk hal tersebut misalnya merk Iphone, Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo terbaru.


Memilih Smarthpone yang Nyaman Dipakai


Setelah mempertimbangkan hal-hal di atas, ada standar pemakaian smarphone yang nyaman untuk saat ini. Memilih smartphone yang nyaman digunakan biasanya merujuk pada hal-hal tersebut dibawah ini:


Kekuatan Processor


Dapur pacu sebuah smartphone salah satu penentu apakah smartphone tersebut sanggup diajak untuk menemani keseharian kita ketika menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada. Artinya smartphone tersebut sanggup membuka aplikasi tanpa crash atau lag.


Disarankan untuk memilih smartphone yang memiliki processor quad core. Untuk Jenis Processor, ARM seri Cortex-A adalah processor yang paling banyak digunakan smartphone saat ini dengan jenis varian diurutkan dari yang paling greget sampai yang minimalis: A72, A57, A53, A17, A15, A9, A7, A5.


Baca juga: Kado ulang tahun untuk pacar terbaik & berkesan


Besar Ram


Faktor selanjutnya yang sangat mempengaruhi pemilihan smartphone adalah RAM. Ketika dijejali dengan kinerja multi-tasking, ram yang tersedia masih ada. Dengan kata lain smartphone tersebut sanggup membuka beberapa aplikasi sekaligus dan tidak membuat gadget menjadi sangat lambat. Minimal ram untuk aplikasi saat ini adalah 2-3 Gb, lebih besar lebih baik.


Ketajaman layar


Pemilihan selanjutnya adalah ketajaman layar. Tentunya kita ingin memainkan video atau hanya untuk melihat foto-foto favorit kita dalam tampilan yang sempurna dilayar ponsel. Untuk ketajaman layar IPS LCD 720 x 1280 pixels sudah cukup bagus menampilkan penampakan yang ada dalam smartphone, lebih bagus lagi apabila ada anti gores bawaan Corning Gorilla Glass.


Kerapatan pixel kamera


Nah yang ini ni yang mempengaruhi tingkat kepuasan selfie-selfie. Minimal kamera belakang 8MP dan kamera depan 4MP udah lumayan sekali itu. Bagi yang suka mengabadikan peristiwa lewat video bisa mempertimbangkan smartphone dengan kerapatan pixel kamera 48MP supaya hasilnya bisa lebih jernih walaupun dengan 20MP sebenarnya juga sudah lumayan.


Koneksi Internet


Smartphone tanpa koneksi internet rasanya janggal. Mengikuti perkembangan koneksi jaringan internet saat ini, memilih smartphone dengan jenis 4G-5G LTE saya rasa lebih baik. Namun perlu diperhatikan apabila wilayah atau operator simcard yang Anda pakai belum mendukung koneksi 4G LTE maka smartphone dengan jaringan 3.5G sudah cukup memadai.


Kesimpulan Memilih Smartphone yang Tepat


Dari ulasan diatas, untuk memilih smartphone yang nyaman dipakai saat ini dengan se-abrek aplikasi berat dalam smartphone ditambah lagi dengan game yang gila-gilaan, saya rasa smartphone tersebut minimal memiliki:


  1. Processor quad-core
  2. Ram 2GB
  3. Layar 720 x 1280 pixels
  4. Kamera belakang 20MP dan kamera depan 8MP
  5. Koneksi Internet minimal 3.5G (HSDPA) - 4G LTE


Baca juga: Cara belanja di Shopee, mudah, hemat, aman pembayaran


Dengan spesifikasi Smartphone di atas sudah sangat memadai untuk menemani keseharian Anda. 

0 komentar