Type something and hit enter

On
Captionkeren.net - Kesuksesan merupakan tujuan dan impian setiap orang. Namun tanpa dilandasi dengan tindakan maka impian hanya tetap merupakan impian belaka. Untuk menggerakkan diri agar dapat melakukan tindakan maka dibutuhkan suatu tips untuk tetap termotivasi.

tips untuk tetap termotivasi diri

Motivasi dapat diperoleh dari luar diri seperti dengan cara membaca buku-buku, ebook, artikel tentang motivasi, atau langsung menghadiri seminar tentang motivasi. Namun yang sering terjadi adalah kenaikan emosi sesaat untuk berubah.

Barangkali ini bertahan satu atau dua minggu dan setelah itu anda merasa semuanya kembali menjadi biasa-biasa saja seperti kondisi yang lama. Saat motivasi melemah dan terus melema,  yang terjadi muncullah sifat malas. Dan jika sifat malas sudah menguasai diri kita, jangan  berharap anda akan mencapai kesuksesan.

Baca juga: Kata motivasi bijak strategi perdagangan

motivasi-diri anda harus mampu membangkitkan motivasi yang ada pada diri anda jika ingin sukses. Tak ada kesuksesan yang diraih tanpa ada usaha, tak ada usaha yang mampu dikerjakan dengan baik tanpa ada semangat. Tak ada semangat yang dapat muncul tanpa adanya motivasi tinggi dari diri anda.

Bagaimana caranya supaya Anda tetap termotivasi untuk bekerja mencapai tujuan yang diinginkan? Intinya motivasi adalah seni berkomunikasi dengan diri sendiri. Komunikasi ini melibatkan perasaan yang anda rasakan melalui emosi yang muncul.

Jadi sebetulnya mudah untuk hidup termotivasi. Kuncinya adalah rasakan hal-hal yang membahagiakan dan bayangkan kesuksesan yang akan anda raih. Dijamin anda akan termotivasi untuk bekerja. Berikut tips untuk tetap termotivasi diri.

Tips agar bisa termotivasi kapanpun dan dimanapun berada


1. Tentukan Target Tujuan

Orang yang motivasinya rendah biasanya tidak memiliki tujuan hidup yang jelas, mereka bertindak tanpa memiliki arah dan tujuan yang jelas, banyak waktu luang yang terbuang sia-sia.

Oleh sebab itu, saat Anda menekuni bisnis internet, Anda harus mempunyai tujuan dan sistem bisnis yang jelas. Mengapa harus membuat website, mengapa harus rajin menulis, apa yang dilakukan dengan penghasilan dari bisnis internet, mengapa harus melakukan ini, ini, dan ini, semuanya harus ada arah yang jelas.

2. Prinsip menentukan tujuan adalah dengan metoda SMART.

Spesifik . tujuan harus jelas, misalnya apakan Anda menginginkan punya rumah baru berlantai dua yang memiliki halaman depan yang luas yang penuh dengan tanaman bunga, atau mobil BMW  sport keluaran terbaru yang berwarna silver.

3. Measurable.

Tujuan harus dapat diukur. Seperti contoh tadi, sebuah rumah, sebuah mobil, tiga buah jam Rolex, sepuluh hektar tanah.

4. Antusiasable.

Tujuan yang kita buat harus bisa membangkitkan rasa semangat kita. Misalnya tujuan kita ingin memiliki mobil baru, dengan memiliki mobil baru kita dapat pergi bersama keluarga kemanapun kita inginkan dengan nyaman, dapat meningkatkan gengsi dan menambah rasa percaya diri kita. Orang tua bangga terhadap anaknya yang sukses, istri dan anak merasa bahagia.

5. Rasional.

Buat tujuan yang masuk akal yang mungkin akan kita capai, jangan membuat tujuan yang tidak mungkin kita capai nanti kita akan stress sendiri. Misalnya dalam dua tahun ke depan Anda mau pergi ke bulan, atau ingin pergi mengelilingi tata surya.

Agak mustahil yach.. mendingan tujuan Anda dalam lima tahun Anda bisa pergi tamasya keliling Indonesia, atau dalam sepuluh tahun Anda pergi tamasya keliling dunia.  Lebih masuk akal khan ?

6. Time.

Tentukan target waktu kapan tujuan yang Anda susun harus Anda capai. Apakah dalam waktu enam bulan, satu tahun, lima tahun atau sepuluh tahun.

Dengan memiliki tujuan yang jelas, akan meminimalisir rasa malas dan menumbuhkan motivasi- motivasi untuk mewujudkan tujuan-tujuan Anda.

7. Menuliskan Tujuan Pada Selembar Kertas

Setelah kita menentukan target tujuan untuk bisa tetap termotivasi, tulislah tujuan Anda tersebut pada selembar kertas kemudian tempelkan pada ruang yang sering anda lihat. Anda bisa memilih di cermin kamar, lemari, samping kiri atau kanan layar monitor komputer.

Atau tempat mana saja yang anda sering melihat dan membacanya. Setiap hari, sekurangnya baca tulisan itu 5 kali, agar selalu teringat dengan tujuan yang ingin anda capai dan untuk membangkitkan  motivasi diri untuk mencapainya.

Setiap hari pula, catatlah apa saja hal yang telah anda lakukan untuk semakin mendekatkan dengan tujuan tersebut. Dengan cara ini, anda akan menyadari apakah tujuan itu masih jauh, semakin dekat atau hampir tercapai.

8. Bergaullah dengan Orang-orang Sukses dan Penuh Motivasi

Tak dapat di pungkiri, siapa yang ingin menjadi orang yang sukses di suatu bidang, maka berkumpul dengan orang-orang yang telah sukses di bidang tersebut bisa menjadi jawaban.

Orang-orang sukses seperti ini biasanya membawa aura yang  bisa memotivasi orang lain, membuat nilai lebih dibanding yang lain, menjadi cahaya di tengah-tengah kegelapan dan menjadi inspirator dalam setiap langkah yang dilakukannya.

Kalau anda ingin membangun bisnis, bertemanlah dengan orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia bisnis atau mereka yang mau memulai bisnis. anda bisa memperoleh energi dan motivasi dari mereka. Akan sangat mudah untuk termotivasi ketika Anda memperoleh support.

Dengan berkumpul dengan orang-orang sukses, akan membuat anda kecipratan wibawa mereka, sekaligus menjadi cermin bagi diri Anda mengapa sama-sama makan nasi tapi kualitas individu bisa berbeda.

Apa yang anda rasakan sebagai rintangan ketika bekerja sendiri bisa teratasi dengan bantuan dan dukungan teman-teman yang bervisi sama.

Baca juga: Kata-kata motivasi menjadi pengusaha muda sukses

9. Berpikir Positif

"What is you mind, that is you get". Apa yang Anda pikirkan itulah yang akan terjadi. Sangat di sayangkan energi banyak terkuras hanya untuk mengurusi hal-hal yang tidak baik bagi anda. Padahal kita tinggal memilih, jika berpikir negatif outputnya adalah negatif dan jika berpikir positif maka outputnya juga positif.

Oleh karena itu, daripada memikirkan hal-hal yang negatif yang akan menguras energi kita, lebih baik memikirkan hal-hal yang positif. Karena itu akan menjadi energi bagi kita untuk terus termotivasi.

10. Berhenti Menunda

Menunda adalah kebiasaan yang bisa membunuh impian dan motivasi diri anda. Tetapkan batas waktu untuk mencapai satu tujuan, dan berpeganglah dengan batas waktu yang anda tentukan sendiri. Dengan memiliki perasaan dikejar batas waktu, anda akan lebih fokus dan berusaha untuk memenuhi tujuan tersebut.

Namun berhati-hatilah, jangan sampai menentukan batas waktu yang membuat Anda stres dan frustasi, dan hanya akan merusak mental dan pikiran Anda. Pikirkanlah batas waktu yang tepat dan tetap membuat Anda nyaman dalam menjalaninya.

11. Perbanyak Membaca

Membaca bisa menjadi solusi bagi anda yang kehilangan motivasi. Bacalah buku-buku, artikel, ebook dan sumber-sumber terpercaya yang sekiranya bisa meningkatkan gairah anda datang kembali. Membaca kisah perjalanan orang-orang sukses juga sangat baik dapat membuka cakrwala anda kembali, yang tadinya begitu remang-remang menjadi terang.

Dengan membaca pula seolah-olah Anda telah pergi jauh meninggalkan tempat duduk anda membaca, resapi, renungkan setiap kata dan kalimat yang ada dan perbandingkan dengan kondisi anda, maka yakinlan bahwa anda akan menemukan diri anda kembali.

12. Reward Untuk Diri Sendiri

Cobalah untuk memberikan hadiah atau menghargai diri anda sendiri ketika berhasil menyelesaikan satu bagian dalam perencanaan untuk mencapai tujuan anda. Ini akan menjadikan anda memiliki harapan, menyuntikkan motivasi diri anda,  agar bisa menyelesaikan bagian-bagian berikutnya untuk memperoleh hadiah yang lebih baik.

Hadiahnya tidak usah mahal-mahal, cukup makan makanan favorit Anda, atau jalan-jalan ke pantai. Ingat, jika Anda telah menyelesaikan satu rencana, segeralah membuat rencana baru dan pastikan batas waktunya. Orang yang sukses akan selalu mencari cara untuk mengembangkan diri mereka dan kehidupan mereka.

13. Ada Saat untuk Istirahat

Bisa jadi motivasi bisnis anda menurun lantaran terlalu sibuk dengan pekerjaan. Memang benar tujuan anda baik ingin menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Tapi jika itu sudah berlebihan dan kegiatan yang anda lakukan sudah tidak produktif lagi.

Sehingga motivasi yang tadinya membara ikut-ikutan menurun, tentu saja ini menjadi tidak efektif. Maka solusi terbaik adalah dengan istirahat, lupakan pekerjaan anda, keluar sejenak, ambil liburan dengan keluarga. Buanglah semua beban yang ada dalam pikiran, rileks, maka anda akan keluar dari hiruk pikuk yang memperbudak diri. Dan pada akhirnya stamina dan motivasi anda kembali prima.

14. Selalu Konsisten

Kemudahan timbul dari kebiasaan. Motivasi pun sama. Ia memerlukan kedisiplinan sehingga Anda terbiasa hidup dengan motivasi. Ada ungkapan bagus yang mengatakan, "Sesuatu yang Anda ulangi tiap hari selama 21 hari akan menjadi kebiasaan". Saya anjurkan anda untuk mempraktekkannya.

Mulai dengan hal yang sederhana seperti tersenyum dihadapan cermin untuk membangkitkan aura positif anda, mengatakan "Yes" sebelum bekerja untuk meningkatkan semangat, dan banyak lagi.

Baca juga: Kata-kata semangat kerja untuk motivator diri

Seperti kata pepatah "Ada kemauan pasti ada jalan". Selamat mengerjakan dan jangan lupa hargai diri anda disetiap momen keberhasilan sekecil apapun itu. Dengan memotivasi diri sendiri, berarti anda juga bisa menciptakan jalan-jalan baru untuk melangkah mencapai tujuan anda.

0 komentar