f Jurus Ampuh untuk Meningkatkan Daya Ingatan

Type something and hit enter

On

Jurus ampuh untuk meningkatkan daya ingatan - Manusia memang banyak mengingat, di samping hal-hal yang penting dan patut untuk diingat. Tidak jarang pula hal-hal yang tidak begitu penting justru selalu muncul dalam ingatan. 


Beberapa kegiatan manusia membutuhkan ingatan tajam untuk menjalaninya, semisal belajar maupun bekerja. Ingatan yang baik bukan hanya memberikan efek baik dalam jangka pendek, melainkan pada jangka panjang juga. 

jurus ampuh untuk meningkatkan daya ingatan
jurus ampuh untuk meningkatkan daya ingatan

Akan tetapi, hal tersebut seringkali susah dilakukan karena manusia terlalu banyak menyimpan ingatan-ingatan yang tidak penting dalam memori otak, yang menyebabkan sesuatu yang seharusnya diingat justru terlupakan.


BACA JUGA: Tips menjadi orang yang lebih positif


Anda bisa saja masih mengingat bagaimana masa kecil Anda berpuluh tahun lalu terjadi, bagaimana Anda terjatuh saat baru belajar mengendarai sepeda baru. Atau saat anda terpaksa mengadu kepada orangtua karena mainan kesayangan direbut oleh teman semasa kecil Anda. 


Beberapa orang bahkan memiliki kemampuan luar biasa untuk mengingat masa kecilnya secara detail dan kejadian-kejadian di dalamnya.


Hal ini berbanding terbalik dengan mereka yang sangat sulit mengingat nama teman sekelas saat SMA maupun kuliah. Kendati baru lulus beberapa tahun, tapi saat bertemu di pusat perbelanjaan tetap saja harus berusaha keras untuk mengingat nama teman yang menyapa tersebut.


Tips jitu menjaga dan meningkatkan daya ingatan


Daya ingat erat kaitannya dengan kesehatan otak anda. Untuk memiliki daya ingat yang luar biasa atau sekedar baik, menjaga kesehatan otak adalah hal yang pokok. 


1. Memperhatikan asupan gizi. 


Jarang diketahui, bahwa apa yang Anda makan mempengaruhi kemampuan memori otak, padahal zat-zat yang terkandung dalam makanan juga berperan membentuk kemampuan otak. Untuk memiliki daya ingat yang baik, hindari makanan-makanan sampah atau junkfood, dan makanan berlemak jenuh.


BACA JUGA: Cara dan tips sukses di usia muda


2. Melatih diri untuk meningkatkan daya ingat. 


Anda bisa memulainya dengan membiasakan diri untuk membaca. Selain itu, melakukan hal-hal yang menggunakan konsentrasi bisa mempengaruhi memori Anda baik jangka panjang maupun pendek.


3. Jangan abaikan tidur. 


Tidur menjadi aktivitas yang belakangan ini diabaikan karena kesibukan. Beberapa orang yang merasa tubuhnya masih mampu menjalani aktivitas bahkan memilih untuk melewatkan jam-jam tidur mereka. Baik pada saat siang maupun malam hari. 


Padahal, tidur memiliki manfaat yang besar, yaitu meningkatkan produksi sel pembuat materi pelapis bernama myelin yang melindungi sirkuit otak. Tidur penting untuk mengatur ingatan baru dan membuat otak ‘melupakan’ ingatan yang dibutuhkan sehingga masih ada ruang untuk ingatan baru.


4. Lakukan hal-hal baru. 


Otak yang terbiasa akan hal-hal baru akan banyak mengingat dan lama-kelamaan mempengaruhi perkembangan dan peningkatan daya ingat itu sendiri. Untuk itu, jangan ragu untuk melakukan banyak hal baru selagi anda mampu. 


Selain bermanfaat untuk daya ingat, tentu juga akan sangat bermanfaat untuk kehidupan anda kini dan di kemudian hari. Hal sederhana di atas bisa dilakukan kapan saja untuk usaha meningkatkan daya ingat anda. 


Demikian jurus ampuh untuk meningkatkan daya ingatan yang harusnya kita pahami. Karena sangat berguna untuk meningkatkan daya ingat kita. Jika ada yang mau menambahkan, tulis saja di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah berkunjung di captionkeren.net, semoga bermanfaat.


BACA JUGA: Tips untuk tetap termotivasi diri