f Tips Memilih Laptop Gaming yang Terbaik

Type something and hit enter

On

Tips memilih Laptop gaming yang terbaik - Laptop gaming biasanya digunakan untuk tujuan khusus yaitu bermain game. Walaupun dapat juga digunakan untuk fungsi yang lain namun biasanya si empunya laptop pasti lebih banyak menghabiskan aktifivitas laptopnya dengan bermain game. 

tips memilih laptop gaming
Tips memilih laptop gaming

Lalu bagaimana memilih laptop gaming yang tepat?, syukur-syukur bisa dapat murah. Tapi biasanya kalau sudah namanya laptop gaming, harganya pasti di atas rata-rata laptop biasa. Kenapa? karena spesifikasi yang harus dimiliki laptop gaming berbeda atau lebih tinggi dari laptop untuk kantoran atau sekolahan. 


Baca juga: Tips cara memilih Smartphone yang tepat


Dengan pemilihan hardware yang tepat namun berkualitas, saya rasa harga bisa di tekan seminim mungkin. Berikut ini hal-hal yang harus perlu diketahui sebelum membeli dan memilih laptop gaming yang tepat.


Spesifikasi Utama Laptop Gaming


1. Kartu Grafis


Perangkat pertama dan utama yang harus mumpuni dari laptop gaming adalah kartu grafis atau Graphic Card. Game saat ini membutuhkan kartu grafis yang bagus agar gambar dapat ditampilkan dengan halus tanpa lag. 


Dengan memilih kartu grafis yang tepat maka tampilan game yang sempurna dapat membuat suasana bermain game semakin seru tanpa keluhan “patah-patah”. Ada dua jenis kartu grafis yang terkenal saat ini yaitu ATI Radeon dan nVidia. 


Terlepas dari kelebihan dan kekurangan kedua kartu grafis ini, persyaratan utama yang harus dimiliki laptop gaming adalah Memory Bus minimal 128 bit,  Memory Type DDR3 dengan Memory Size minimal 2 Gb.


Memory Bus sangat mempengaruhi kinerja GPU selain dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Sebagai contoh, apabila Anda memilih memory bus 64 bit dengan memory size 2 Gb dibandingkan dengan memory bus 128 bit dengan memory size 1 Gb sama-sama DDR3.


Baca juga: Tips belanja online aman dan nyaman untuk pemula


Maka lebih cepat GPU yang memiliki memory bus 128 bit walaupun memory size 1 Gb namun harganya mungkin sedikit lebih mahal dari 64 bit. Jadi pastikan laptop Anda memiliki GPU dengan Memory Bus minimal 128 bit. 


Untuk pemilihan jenis produsen, apakah lebih baik nVidia atau ATI, saya tidak bisa memberi saran. Ada yang mengatakan nVidia lebih bagus namun banyak juga yang menyatakan bahwa ATI Radeon lebih bagus apalagi kalau disandingkan dengan Processor AMD.


2. Processor


Hal kedua yang harus diperhatikan dalam memilih laptop gaming adalah core processor. Semakin banyak core processor dalam sebuah processor laptop gaming maka kinerja laptop akan semakin ringan. Laptop Anda tidak akan berteriak minta ampun ketika disuguhkan game-game dengan grafis tinggi. 


Minimal spesifikasi processor untuk laptop gaming adalah AMD A8 Series atau Intel core i5 Series. Apabila ingin memilih salah satu diantara kedua,  saya menyarankan untuk memilih AMD A8 Series karena l2 cache lebih besar, GPU clock speed lebih tinggi, core CPU lebih banyak. 


Perbandingan yang saya ambil pada Intel Core i5 4200U versus A8 6410.


3. Ram


Pemilihan Ram adalah opsi ketiga setelah 2 opsi diatas terselesaikan. Tentunya pemakaian ram yang lebih tinggi akan memberikan performa yang lebih baik. Minimal pemakaian Ram untuk laptop gaming adalah 4 Gb DDR3. 


Agar ukuran ram dapat digunakan full oleh sistem operasi maka sangat saya sarankan untuk menginstall windows 64 bit. Pada windows x86 atau 32 bit, Ram hanya terbaca maksimal 3,2 Gb.


Walaupun dengan fitur Physical Address Extension (PAE) pembacaan ram bisa maksimal pada windows 32 bit, namun butuh pacth khusus dengan pengetahuan teknis yang bagus agar hal tersebut dapat terjadi. Jadi daripada susah-susah mendingan install yang windows 64 bit aja langsung.


4. Hard Disk Drive


Nah kalau yang ini gak perlu besar-besar, yang penting rpm-nya minimal 7200. Memang sih semakin cepat rpm, HDD bisa semakin panas. Namun apabila body laptop gaming – nya memiliki sirkulasi udara yang bagus, menurut saya HDD nya aman-aman aja. 


Untuk jaga-jaga bisa ditambahkan cooler atau pendingin di bawah laptopnya agar laptopnya tetap awet. Apabila Anda punya budget atau dana lebih bisa mempertimbangkan untuk memakai SSD (solid state disk). 


SSD ini tanpa piringan, jadi kemungkinan untuk crash lebih kecil, namun harganya jauh lebih mahal di bandingkan HDD.


Spesifikasi Tambahan Laptop Gaming


1. Sound System


Selain 4 faktor di atas untuk laptop gaming, suara juga sangat mempengaruhi emosional gamers dalam memainkan game kesayangannya. Biasanya dengan sound system yang sempurna, permainan game akan terasa lebih nyata dan seru. 


Anda bisa memilih laptop gaming dengan sound built-in yang sudah mendukung surround system agar suara gamenya bisa lebih menggelegar.


2. Keyboard


Kalau yang ini sebenarnya tergantung gamenya sendiri. Ada game yang lebih membutuhkan keyboard bagus dari pada mouse, misalnya game Ayo dance atau Mstar. Namun game jenis FPS seperti Point Blank atau Ghost Recon Phantom dibutuhkan keyboard dan mouse yang sama-sama ok punya.


3. Mouse


Sama seperti kebutuhan keyboard, mouse juga tergantung dari game yang dimainkan. Tapi untuk mendukung kepuasan bermain game saya rasa mouse macro wajib Anda miliki.


Nah, tips memilih laptop gaming yang tepat sudah saya beberkan satu persatu di atas. Sekarang tergantung Anda dan juga dana dikantong apakah kebutuhan minimal hardware di atas sudah dapat dipenuhi. 


Apabila tidak, tentu saja laptop dengan spesifikasi seadanya masih bisa diajak bermain game. Namun tentu saja kenyamanan bermain game akan berkurang.


Oya, untuk jenis game online rasanya ada satu hal yang perlu dijaga ketat ketika bermain online yaitu koneksi internet. Kan nggak lucu jadinya kalo laptop gaming dengan spesifikasi dahsyat masih tetap lag hanya karena koneksi internetnya lelet. 


Selamat hunting laptop gaming!, kalau bisa dapatkan yang paling murah dan berkualitas. Dan jika budget masih kurang, ada cara lain tentunya yaitu merakit PC gaming sendiri. Siapa tau bisa lebih murah daripada laptop gaming dipasaran.