Type something and hit enter

On

Tips merayakan pesta ulang tahun anak - Siapa yang tak bahagia bila pesta ulang tahun anak dikenang banyak orang. Ulang tahun biasanya disambut dengan bahagia dan dianggap sebagai berkah Tuhan karena seseorang masih diberi kesempatan dengan tanggal ia terlahir.


Menyenangkan sekali bila kita dapat mengatur pesta ulang tahun anak sehingga mejadi pesta ulang tahun yang amat berkesan. Entah itu untuk anak sendiri maupun untuk para tamu. Dengan dirayakannya pesta ulang tahun, anak juga belajar bagaimana tahap permulaan bersosialisasi, berbagi, dan menghargai. 

tips merayakan pesta ulang tahun anak

Pesta ulang tahun tak perlu diselenggarakan dengan mewah hingga melampaui budget yang telah dianggarkan. Kita sebagai orang tua memang harus pintar-pintar mencari celah untuk memaksimalkan pesta sambil meminimkan budget. Oleh karena itu, perlu anda ketahui beberapa tips merayakan pesta ulang tahun anak.


Baca juga: Tips pesta dan hadiah ulang tahun untuk anak


Ketahui apa saja detail ulang tahun yang sesuai dengan budget dan usia anak. Berikut tips agar pesta ulang tahun anak menjadi yang paling berkesan?.


Tips pesta ulang tahun anak


1. Waktu


Sebaiknya pesta diselenggaraka di hari libur atau akhir pekan. Walaupun tidak sesuai dengan tanggal ulang tahun anak, yang penting para undangan datang untuk meluangkan waktu.


2. Lokasi 


Tempat penyelenggaraan sebaiknya ialah di rumah atau tempat yang memiliki suasana hommy. Maksudnya tempat yang nyaman serta mirip suasana rumah. Saat ini banyak restaurant yang menyediakan paket ulang tahun untuk anak segala usia. Misalnya KFC dan McD.


Baca juga: Ucapan ultah untuk anak laki-laki dan perempuan


3. Durasi


Pesta sebaiknya berdurasi sekitar 30-60 menit karena jika terlalu lama tamu yang kebanyakan merupakan anak-anak akan merasa bosan dan kelelahan, sehingga malah menjadi rewel dan menangis atau bahkan mengantuk.


4. Makanan 


Makanan yang disediakan sebaiknya berupa paket yang dapat dibawa pulang, karena belum tentu akan dimakan saat pesta. Jika budget memenuhi, makanan kecil bisa disediakan. Tapi jangan lupa mengatur jenis makanan yang tetap sehat dan dikemas penuh warna supaya menarik.


5. Tamu


Jumlah tamu yang diundang memang harus diperhitungkan, tamu yang diundang pasti didominasi oleh anak dan balita jadi akan lebih baik bila tidak lebih dari 30-50 orang, karena mereka akan datang bersama rombongan ditambah dengan saudara yang juga akan datang.


6. Kue ulang tahun


Zaman sekarang kue ulang tahun (tart) sudah disediakan dalam bentuk yang bervariasi. Bahkan anda bisa membat kue tart dari susunan cupcake yang disusun menjulang dengan dikelilingi lilin lucu. Karena ini akan menghemat waktu dalam mebagikannya nanti.


7. Goodiebag 


Rancang isi goodiebag dengan kreatif. Misalnya, isi goodiebag dengan makanan sehat seperti jely, puding, wafer, atau buah segar tentunya dengan kemasan yang menggemaskan. Bila budget memenuhi, anda juga bisa menambahkan kenang-kenangan menarik seperti puzzle bergambar lucu dengan tulisan ulang tahun anak Anda. Selain unik, puzzle juga bisa melatih kemampuan motorik anak.


8. Dekor ulang tahun anak 


Sesuaikan dekorasi acara ulang tahun anak, misalnya hiasan ultah anak perempuan dengan warna pink, balon dan pita. Sedangkan untuk dekor ulang tahun buat anak laki-laki perbanyak pernak-pernik super hero kesukaan anak anda.


Pesta ulang tahun berdasar usia


1. Untuk usia 1-3 tahun


Pada usia ini, anak memang belum bisa berpengaruh besar. Kemauan anak juga tidak terlalu wah dan menyusahkan. Walaupun di umur yang amat belia, dan pesta juga didatangi umur yang tak kalah belia. Pesta ulang tahun sebaiknya diadakan secara sederhana seperti berkumpul dan berdoa bersama karena toh anak juga tidak selalu mengerti dan mudah bosan. 


Baca juga: Ucapan ulang tahun untuk anak 1 tahun 2021


Supaya kelihatan meriah dan tidak membosankan dekorasi pesta ulang tahun bisa menggunakan dekorasi yang penuh warna dengan nuansa anak-anak.


2. Usia 4-5 tahun


Pada usia ini, anak sudah mulai pandai berinteraksi dengan teman-teman seusianya. Karena sudah mulai memasuki area playgroup atau Taman Kanak-kanak . Oleh karena itu, bukan ide yang buruk bila kita mengajak anak berunding bersama pesta seperti apa yang ia inginkan. 


Dekorasi yang lebih ceria dan berbagai permainan dapat ditambahkan pada list acara terkait dengan usia anak yang sudah masanya berlari dan lompat sana-sini.


3. Usia 6-7 tahun ke atas


Biasanya anak umur 6-7 sudah memiliki lebih banyak teman disekolah. Dia dapat memilih siapa saja yang mau diundang dalam pesta ulang tahunnya. Pada usia ini, sebagai orang tua dapat menanyakan pada anak anda konsep pesta ulang tahun sesuai keinginannya. Dan anda dapat menanyakan tema dan dekorasi ulang tahun buat persiapan pesta tersebut.


Baca juga: Ucapan ultah utk anak kesayangan paling manis


Semoga tips merayakan pesta ulang tahun anak di atas dapat memberi gambaran bagaimana menyiapkan dan mengadakan perayaan ulang tahun untuk anak yang baik. Sehingga anda dapat memperhitungkan dan menyiapkan budget lebih rinci.

0 komentar