Type something and hit enter

On
Doa pernikahan Kristen - Pernikahan salah satu momen yang sakral dalam hidup dan momen bahagia untuk setiap pasangan. Pasangan yang siap menikah berarti mereka harus tahu apa yang akan dihadapi ketika membangun rumah tangga.

Pernikahan juga tidak bisa dilakukan begitu saja. Ada tahapan yang harus dilewati untuk meresmikan hubungan percintaan ke dalam pernikahan. Untuk orang yang beragama Kristen, tentunya ada syarat pernikahan Kristen yang harus dipenuhi.

doa pernikahan kristen
Doa pernikahan kristen
Selain syarat menurut agama Kristen, syarat menikah menurut hukum negara dan syarat pernikahan di HKBP juga harus dipenuhi. Semuanya harus sesuai dengan prinsip dasar pernikahan Kristen.

Apabila semua persyaratan menikah telah dipenuhi, baru bisa melangsungkan pernikahan. Ketika prosesi dan jalannya upacara pernikahan tidak boleh bertentangan dengan ayat Alkitab untuk pernikahan Kristen. Tentu pernikahan adalah karunia Tuhan yang patut disyukuri. Sebab telah menemukan tambatan hati sesuai keinginan.

Pernikahan adalah perjanjian seumur hidup, apabila sudah menikah berarti terikat seumur hidup. Dan ikatan itu janganlah dibuat main-main. Sebab bukan hanya anda janji dengan pasangan saja tapi dengan Tuhan juga.

Baca juga: Ucapan anniversary pernikahan bahasa Inggris terbaik

Maka dari itu, berdoa untuk pernikahan adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Berikut kata-kata doa pernikahan Kristen yang bisa diucapkan.

Doa pernikahan Kristen untuk diri sendiri


Tuhan, aku tahu bahwa aku telah membuat beberapa keputusan yang sangat buruk dalam hidupku sebelumnya. Tapi untuk kali ini, aku mohon semoga benar keputusanku dan lebih baik dari sebelumnya.

Aku membutuhkan serangkaian keajaiban untuk pernikahanku kali ini. TUHAN, aku meminta agar pernikahan yang aku jalani eng-KAU berkati. Lancarkan setiap masalah yang akan kami hadapi nanti. Kuatkan iman dan hati ketika ujian datang menghampiri kami.

Jika kami diberi momongan, semoga selalu patuh kepada orang tuanya dan selalu taat pada-MU. Limpahkanlah kami untuk rezeki-rezeki yang baik. Jauhkan kami dari godaan hati dari perselingkuhan. Karena itu perbuatan iblis.

Damaikan selalu keluarga kami agar selalu sejuk dan bahagia. Langgengkan hubungan kami, limpahkan rezeki yang banyak agar kami dapat berbagi kebaikan dengan sesama. Besarkan kesabaran kami ketika menghadapi setiap masalah.

Tumbuhkan rasa cinta setiap hari kepada pasangan kami, agar cinta dalam hubungan ini selalu terjaga. Sejahterakan dan luruskan jalan setiap langkah yang kami ambil. Semoga Tuhan Yesus selalu bersama keluarga kami, Amen.

Doa pernikahan Kristen terbaik


Bapa di Surga, terima kasih untuk suami ini, (______,) dan istri,( _______,) dan komitmen mereka untuk pernikahan Kristen. Selagi kami memandang ke depan, kami berdoa agar masa depan mereka tidak akan pernah kekurangan keyakinan yang membuat suatu pernikahan kuat.

Berkatilah suami ini,( ______). Berkatilah dia sebagai penyedia dan pelindung. Dukunglah dia dalam semua tekanan yang datang bersama tugas mengurus suatu keluarga. Semoga dia menjadi sedemikian hidup sehingga istrinya bisa menemukan dalam dirinya surga yang benar-benar dirindukan oleh hati seorang wanita.

Berkatilah istri ini, (______). Berikanlah dia kelembutan yang membuatnya hebat, suatu indera pemahaman yang mendalam, dan suatu iman yang kuat di dalam-Mu. Berikanlah dia kecantikan batin dari suatu jiwa yang tidak pernah memudar itu, kemudaan kekal yang ditemukan dalam berpegang teguh pada hal-hal yang tidak pernah dimakan usia. Semoga dia menjadi begitu hidup sehingga suaminya berkenan untuk menghormati dia di dalam kuil hatinya.

Ajarkanlah mereka bahwa pernikahan bukanlah hidup untuk satu sama lain. Ini adalah dua orang yang bersatu dan bergabung tangan untuk melayani-Mu. Berikanlah mereka suatu tujuan spiritual yang besar dalam kehidupan. Semoga mereka mencari terlebih dahulu Kerajaan-Mu dan kebenaran-Mu, mengetahui bahwa Engkau akan mendukung mereka melalui semua tantangan-tantangan hidup.

Semoga mereka meminimalkan kelemahan masing-masing dan menjadi cepat dalam saling memuji dan membesarkan kekuatan masing-masing. Berkatilah mereka dan kembangkanlah karakter mereka selagi mereka berjalan bersama-sama dengan-Mu.

Jagalah mereka dalam menghadapi cukup banyak kepedihan yang menjaga mereka manusiawi, cukup banyak kegagalan yang menjaga tangan mereka menggenggam erat dalam genggaman-Mu, dan cukup banyak kesuksesan yang membuat mereka yakin mereka berjalan dengan-Mu di sepanjang hidup mereka.

Semoga mereka tidak pernah menganggap remeh cinta satu sama lain tetapi selalu mengalami kekaguman luar biasa untuk berseru, "Dari semuanya di dunia ini, kamu telah memilihku.” Kemudian, ketika hidup telah selesai dan matahari itu terbenam, semoga mereka dapat ditemukan nanti sebagaimana sekarang, masih bergandengan tangan, masih sangat bangga, masih berterima kasih kepada-Mu untuk satu sama lain.

Semoga mereka melakukan perjalanan bersama sebagai sahabat dan kekasih, kakak dan adik, suami dan istri, ayah dan ibu, dan sebagai hamba-hamba Kristus sampai Dia kembali atau sampai hari itu ketika salah satu harus menyerahkan yang lain ke dalam pelukan Tuhan. Ini yang kami minta melalui Yesus Kristus, Tuhan dan Juru selamat kami, Kekasih Agung jiwa-jiwa kami. Amin.

Baca juga: Renungan motivasi Kristen yang menguatkan keyakinan 

Tuhan, terima kasih atas kesempatan untuk datang ke hadapan tahta-Mu dengan setiap kekhawatiran yang saya miliki dan berkat yang saya rindukan untuk pernikahan saya. Saya mendoakan berkat-berkat ini ke atas suami saya dan saya sendiri pada hari ini, percaya Engkau akan melakukan jauh lebih banyak dalam diri kami daripada yang kami bayangkan. Dalam Nama Yesus, Amin.

1 Diadaptasi dari Doa Pernikahan untuk Kedua Pengantin – Dr. Louis H. Evans.

Demikian artikel tentang kata-kata doa pernikahan Kristen terbaik yang bisa kami bagikan. Semoga doa-doa Kristen tersebut berguna bagi anda yang ingin melangsungkan pernikahan. Ataupun bagi anda yang akan memberikan doa untuk teman, sahabat dan keluarga yang sedang menikah.

Baca juga: Ucapan pernikahan simple untuk saudara/adik

0 komentar