Type something and hit enter

On
Captionkeren.net - Untuk mempersiapkan sebuah resepsi pernikahan anda cukup disibukkan dengan mengurus undangan pernikahan hingga mencari souvenir pernikahan. Tetapi ketika berbicara mengenai hal-hal dasar yang harus dipersiapkan untuk pernikahan.

hal dasar yang harus dipersiapkan untuk pernikahan

Maka anda harus mempersiapkan batin maupun mental memasuki sebuah dunia baru yang akan menganugerahkan anda banyak status beserta tanggung jawabnya. Makna atau arti menikah adalah menyatukan dua jiwa yang berbeda latar belakang, watak, pandangan, kebiasaan maupun sifat.

Baca juga: Rencana pernikahan dengan dana terbatas

Hal-hal dasar yang harus dipersiapkan untuk pernikahan


Selain menyatukan dua jiwa tersebut sekaligus menyandingkan dua keluarga besar yang tentunya mempunyai perbedaan besar pula. Untuk siap menikah, anda membutuhkan kedewasaan dan pemahaman yang sungguh-sungguh akan sebuah tanggung jawab dunia akhirat.

Karena menikah menganugerahkan anda status sebagai istri, ayah, ibu, orang tua sekaligus menantu maupun ipar. Dan semua status tersebut memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang berbeda. Menikah mengikat semua perbedaan tersebut ke dalamnya dan berusaha menjadikan wadah pemersatu perbedaan-perbedaan tersebut.

Karena begitu kompleksitasnya sebuah pernikahan, maka segala suatunya diatur dalam hukum menikah. Dalam hukum tersebut secara agama maupun hukum negara mengatur hak dan kewajiban pelaku pernikahan. Sehingga keduanya memiliki rasa tanggung jawab dalam menjalani kewajiban maupun hak secara adil dan bijak.

Kesiapan batin maupun mental berupa sikap dewasa yang memiliki tanggung jawab secara agamis maupun hukum perdata akan membuat anda menjadi petarung tangguh. Sebab akan menghadapi rintangan dan tantangan pernikahan yang tidak pernah surut menerpa setelah pernikahan berlangsung.

Baca juga: Cara membina pernikahan yang bahagia

Hanya petarung-petarung hebat yang memahami betul arti menikah yang bisa terus mempertahankan mahligai rumah tangga hingga akhir hayatnya. Dan semoga anda termasuk ke dalam golongan tersebut.

Persiapan pernikahan dan cincin tunangan

yang harus dipersiapkan untuk pernikahan


Sejarah menunjukkan bahwa pernikahan memiliki banyak maksud dan tujuan. Pernikahan dipandang sebagai suatu urusan individual, sebuah kemitraan, urusan keluarga, cara untuk menguasai kekayaan. Atau sarana untuk membangun aliansi antar negara.

Pernikahan seringkali merupakan cara untuk memiliki tanggung jawab atas istri dan anak-anaknya serta tujuan praktis lainnya. Pernikahan pada umumnya didahului dengan pertunangan dimana peristiwa ini merupakan pengikatan komitment sebelum pernikahan yang sebenarnya dilaksanakan.

Pertunangan merupakan langkah besar yang dilakukan dengan aturan-aturan tertentu. Mengetahui tentang etiket cincin tunangan juga merupakan bagian dari menghormati proses keterlibatan yang akhirnya menghormati hubungan yang nantinya akan anda jalani.

Etiket tersebut tidak boleh disepelekan karena dengan menghargai cincin tunangan yang anda pakai, berarti anda juga menghormati pertunangan itu sendiri. Oleh karena itu, mengetahui lebih banyak tentang pernikahan dan cincin pertunangan akan membantu anda untuk mengikuti etiket yang tepat.

Menurut tradisi, hanya wanita yang memakai cincin tunangan. Namun, seiring perkembangan kebudayaan, jumlah pria yang mengenakan cincin tunangan juga semakin banyak. Hal ini tidak menjadi masalah apakah salah satu atau kedua belah pihak mengenakan cincin tersebut.

Justru mengenakan cincin untuk kedua belah pihak akan menguatkan ikatan hubungan dan komitmen. Sebagian besar orang yang bertunangan lebih suka mengenakan cincin tunangan mereka di jari manis kiri. Namun berdasarkan tradisi, etiket pertunangan mewajibkan perempuan untuk mengenakan cincin di tangan kanan.

Tapi pilihan di mana cincin dikenakan sangatlah bergantung pada individual tersebut. Jika anda memilih untuk mengenakan cincin di tangan kiri anda karena lebih nyaman, maka jangan ragu-ragu. Jika kedua pasangan memutuskan untuk memakai cincin. Lebih ideal bagi mereka untuk mengenakan cincin di tangan kanan.

Cincin tunangan adalah simbol yang sempurna dari cinta dan komitmen. Dengan menyelipkan sebuah cincin berlian yang indah di jari tunangan anda tidak hanya akan membuat wanita merasa istimewa. Namun juga akan membuat pertunangan anda sangat berkesan dan sempurna.

Tetapi membeli sebuah cincin berlian yang indah untuk wanita, bisa menjadi tugas menakutkan. Terutama jika anda tidak mengetahui berbagai hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Tetapi dengan sedikit penelitian akan info pernikahan dan pengetahuan dari berbagai sumber, anda dapat dengan mudah membeli cincin yang tepat untuk pasangan anda.

Demikian hal dasar yang harus dipersiapkan untuk pernikahan. Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi bagi anda yang akan melangsungkan pernikahan.

Baca juga: Acara pernikahan islami sesuai tuntunan

0 komentar