Type something and hit enter

On
Captionkeren.net - Menciptakan sebuah resepsi pernikahan yang sempurna dan spesial tidak harus dengan anggaran yang super besar. Merencanakan pernikahan dengan dana terbatas juga mampu mewujudkan pernikahan impian anda.

Lantas bagaimana cara untuk mengatur anggaran yang terbatas tersebut?. Berikut ini kami akan membagikan beberapa cara untuk menghemat dan mengatur dana pernikahan terbatas tersebut.

Perencanaan pengaturan dana pernikahan terbatas

rencana pernikahan dengan dana terbatas

Caranya, tentu melalui perencanaan yang matang dan bijak. Yaitu, pengaturan biaya untuk menyiapkan undangan pernikahan, gedung tempat resepsi, dokumentasi pernikahan, katering, cincin kawin, souvenir pernikahan hingga hal-hal kecil lainnya yang kadang dianggap sepele tetapi menguras anggaran paling besar.

Merencanakan acara resepsi pernikahan membutuhkan pikiran yang fokus dan tidak terburu nafsu. Karena segala sesuatu yang dilandasi nafsu akan membuat anda menjadi gelap mata. Tetap ingatkan diri anda mengenai inti dasar dari sebuah tujuan diadakannya pernikahan.

Baca juga: Gaun pengantin yang cantik tidak harus mahal

Tujuan diadakannya resepsi pernikahan adalah untuk menyampaikan kabar baik kepada keluarga, handai taulan, teman dan kerabat mengenai kehidupan baru anda. Persiapan pernikahan yang baik seyogyanya dilakukan jauh-jauh hari, minimal 5 atau 7 bulan sebelum acara dilangsungkan.

Maksudnya adalah agar anda dan pasangan memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya, seperti mencetak undangan pernikahan atau mendapatkan gedung tempat resepsi yang murah dan strategis.

Apabila anda memiliki anggaran yang terbatas untuk persiapan pernikahan, maka persiapkan keperluan-keperluan yang benar-benar penting dan utama. Seperti undangan pernikahan, dokumentasi, katering, gedung tempat resepsi, cincin kawin, dan hantaran.

Apabila anda merasa masih memiliki sisa dana, maka persiapkan souvenir pernikahan. Tidak perlu dengan harga yang mahal dan jumlah yang terlalu banyak. Tersedia pusat penjualan grosir souvenir pernikahan yang murah dan menarik yang bisa dipilih.

Dan belilah souvenir pernikahan dengan kuantitas seperempat atau setengah dari rencana jumlah undangan yang disebar.

Hidangan resepsi sesuaikan dengan anggaran

hidangan resepsi sesuai anggaran

Dalam sebuah acara pernikahan, masalah konsumsi bagi para tamu menyedot biaya yang paling banyak sehingga mendapat perhatian yang cukup besar. Untuk menyediakan porsi makanan tentu disesuaikan dengan jumlah tamu yang akan diundang dan anggaran yang tersedia.

Ada dua pilihan dalam menyiapkan hidangan resepsi pernikahan untuk para tamu. Yaitu dengan memasak sendiri atau dengan jasa catering. Saat ini menjamur jasa catering di mana-mana. Mereka menawarkan berbagai macam menu makanan dan minuman dengan berbagai variasi harga tiap porsinya.

Ada menu sederhana, sedang, dan istimewa. Ada yang menawarkan makanan Indonesia dan ada pula yang menawarkan makanan dari negara lain.

Kelebihan dari jasa catering adalah pelanggan bisa memilih menu makanan yang disukai dan sesuai dengan anggaran, memiliki tampilan masakan yang lebih baik, dan tuan rumah tidak akan direpotkan dengan acara memasak.

Untuk menambah keistimewaan dalam resepsi pernikahan, kadang-kadang hidangan yang disediakan dibuat semenarik mungkin.

Cara prasmanan sekarang lebih sering ditemukan dalam resepsi pernikahan. Selain menghemat tenaga cara ini bisa membuat para tamu merasa lebih santai dan bebas memilih makanan yang disukai. Indonesia memiliki bermacam-macam makanan khas di tiap-tiap daerah yang bisa dijadikan menu makanan dalam pernikahan.

Misalnya gudeg, sate ayam Madura, bakwan kawi, bakso dan mie Wonosari, masakan Padang, sop, mie Jakarta, tahu ketupat, bakmi ketoprak, sambal goreng hati, bola daging yaitu daging sapi giling kemudian dibentuk bulat-bulat kecil seperti bola, pindang telur, acar timun nanas dan wortel.

Berbagai macam soto seperti soto Kudus, soto Pekalongan, dan lain-lain. Bahkan jajanan pasar juga seringkali hadir di acara pernikahan. Seperti dawet, pastel, bubur sumsum, siomay, tahu bakso, klepon, putu, cenil, dan lain-lain.

Menu makanan yang merupakan makanan khas tersebut membuat pernikahan menjadi unik dan istimewa. Apalagi jika anggaran memungkinkan, dibuat gubug-gubug untuk tiap menu makanan sehingga selain menambah menarik. Para tamu juga tidak perlu berdesak-desakan untuk mengambil makanan yang disukainya.

Kadang-kadang dalam suatu resepsi pernikahan disediakan makanan Indonesia yang telah dimodifikasi dengan makanan dari negara lain. Tetapi hendaknya dalam menyediakan hidangan disesuaikan dengan anggaran yang ada, jangan mamaksakan diri, cukup sederhana saja.

Baca juga: Acara pernikahan islami sesuai dengan tuntunan

Rencana pernikahan dengan dana terbatas bila diatur dari awal akan mengurangi biaya pembengkakan. Untuk itu, penting sekali pengaturan biaya pernikahan itu dilakukan 5-7 bulan sebelum menikah.

0 komentar