Type something and hit enter

On
Seluruh umat muslim di dunia menyambut datangnya bulan Ramadhan pastinya dengan rasa bahagia. Bulan yang penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT ini, seharusnya waktu yang tepat untuk perbanyak ibadah dan beramal kebaikan.

Jadikan Ramadhan kali ini menjadi bulan terbaik yang dapat kita peroleh. Nah, kali ini captionkeren.net akan memberikan tips bagaimana agar kita mendapatkan Ramadhan terbaik di tahun ini.

tips menjalani ibadah puasa ramadhan
14 Tips menjalani ibadah puasa Ramadhan dengan sempurna

Hal yang sering dialami adalah pada awal atau sekitar satu minggu pertama Ramadhan, orang-orang masih pada semangat menjalankan ibadah puasa. Minggu kedua semangat mulai menurun. Dan menjelang akhir puasa, semangat mulai tumbuh kembali karena mendekati Lebaran.

Baca juga: Hikmah dan keutamaan puasa Ramadhan

Hal ini membuat kualitas puasa Ramadhan yang dijalani menjadi buruk. Untuk itu, istiqamah akan membuat kita tetap konsisten menjaga ibadah dengan baik. Berikut ada 14 tips menjalani ibadah puasa Ramadhan dengan sempurna.

Tips agar kuat menjalani ibadah puasa Ramadhan sehari penuh


  1. Niat karna memang ingin menjalankan ibadah, dan mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.
  2. Sahur dengan menu makanan yang cukup, dan perbanyak minum air putih. Berbuka dengan gizi seimbang.
  3. Jika kamu sedang bekerja, lakukan seperti biasa. Fokus dengan pekerjaan justru waktu akan terasa lebih cepat berlalu tanpa disadari.
  4. Tidur siang secukupnya, justru usahakan badan bergerak agar bisa berkeringat. Menurut saya, tidur seharian dan tidak melakukan kegiatan apa-apa disaat puasa justru badan menjadi semakin terasa lemah dan lemas.

Tips mendapatkan manfaat baik puasa Ramadhan


1. Setelah sahur, menunggu sholat subuh. Usahakan jangan tidur, coba anda keluar rumah dan nikmati keagungan dan kebesaran Allah SWT. Manfaat baiknya adalah, anda bisa menikmati pemandangan pagi yang begitu mewah nan indah. Suasana sejuk dan udara pagi yang masih segar, bagus untuk kesehatan

2. Secara tidak langsung, puasa Ramadhan mengajarkan kita dari kedisiplinan. Sahur diwaktu yang sudah ditentukan dengan batas imsak, dan buka disaat bedug maghrib berkumandang. Dan belajar disiplin itu ditempa dalam satu bulan.

3. Kita diajarkan bagaimana hidup itu menahan nafsu, menahan sabar dan ikut merasakan dengan saudara kita yang tak mampu makan dan minum. Dengan berpuasa kita disadarkan, bahwa berbagi dengan orang tak mampu adalah kewajiban bagi orang mampu.

4. Dengan puasa yang kita jalani dibulan ramadhan saja, kita akan selalu berucap syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Sebab bagi orang miskin, puasa tiap hari adalah sudah biasa. Sebab tidak ada makanan yang untuk dimakan.

5. Menjaga semua anggota tubuh

Bulan puasa tidaklah hanya semata-mata untuk menahan lapar dan haus. Setiap anggota tubuh yang kita miliki pun haruslah bisa menghindari dari melakukan suatu perbuatan yang tercela. Satu contoh kecil yakni mulut kita.

Memanglah benar bila ada pepatah yang mengatakan, mulutmu adalah harimaumu. Karena sering kali kita baik sengaja maupun tidak sengaja mengeluarkan kata-kata yang menyinggung perasaan orang lain.

Taukah kamu, mendzolimi orang tidak hanya dengan perbuatan fisik, namun juga bisa dengan kata-kata dari lidah dan mulutmu.

Tips puasa di bulan Ramadhan yang mendatangkan pahala


1. Membaca Al-qur’an serta mendalami isi dan arti dalam kandungannya, sehingga kita akan lebih bisa mengintropeksi diri sendiri.

2. Memperbanyak amalan soleh dengan berzikir dan berbuat kebaikan

Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat dan kebaikan, setiap perbuatan baik yang kita lakukan maka akan di lipat gandakan oleh allah swt ( insyaallah). Maka dari itu jangan menyia-nyiakan momentum bulan ramadhan ini, Karena pada dasar nya ramadhan adalah ladang amal untuk kita.

Contoh yang dapat anda lakukaan adalah dengan mengajak orang lain untuk barbuat kebaikan, misalnya dalam urusan ibadah. Agar senantiasa anda dan juga orang-orang di sekitar anda menjadi seorang muslim yang taat dan beriman hanya karna Allah semata.

Bila orang tersebut menjalankan apa yang anda katakan, anda juga mendapatkan pahala dari perbuatan baik yang di lakukan orang tersebut.

3. Bersedekah

Di bulan Ramadhan ini anda juga bisa berbagi dengan sesama yaitu bersedekah. Karena bersedekah sangatlah besar pahalanya. ingatlah dosa bisa menjadi penghalang anda dengan do’a dan pahala akan menjadi seperti air yang memadamkan api.

Artinya jika anda ikhlas bersedekah hanya semata-mata karena mengharap ridha Allah SWT, insya allah pahala sedekah itu akan menjadi seperti air yang memadamkan api. Sehingga Allah berkenan untuk mengabulkan do’a yang kita panjatkan.

Namun hanya Allah lah yang berkehendak, namun setidak nya kita sudah berusaha untuk menjalankan apa yang telah di perintahkan oleh-NYA.

4. Membaca dan mengamalkan Al-quran

Cobalah untuk lebih dekat dengan Al-quran, jangan hanya digunakan sebagai pajangan di ruang tamu. Semakin kita dekat dengannya, kita seperti menemukan seorang teman yang dapat memberi solusi atas permasalahan yang mungkin sedang kita hadapi.

Ingatlah Al-qur’an akan memberikan syafa’at kepada siapa saja yang memuliakannya di dunia. Yaitu dengan cara membaca dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya.

5. Mempertahankan semangat ibadah

Terkadang banyak dari kita tidak menyadari bahwa semangat ibadah yang kita miliki semakin lama semakin berkurang. Nah bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk meningkatkan dalam beribadah.

Ingatlah akan janji-janji Allah SWT kepada orang yang senantiasa beribadah kepadanya adalah pasti. Meminta kepada Allah SWT agar selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah.

Tapi ingat tidak hanya di bulan ramadhan kita beribadah maupun berbuat kebaikan. Karena berhasil atau tidaknya kita berubah menuju jalan yang benar adalah setelah usainya bulan Ramadhan.

Sebab  pada saat itu kita dapat merasakan perubahan yang dahsyat. Semoga Allah SWT senantiasa menjadikan kita hambanya yang taat, Aamiin.

0 komentar