f Kata-kata Mutiara Bijak Islami dalam Bersyukur

Type something and hit enter

On
Kata-kata Mutiara Bijak Islami- Terkadang kita hidup terlalu bangga atas segala kelebihan yang kita punya. Bahkan, membuat kita terlena dan lupa menunaikan kewajiban kepada-Nya. Disitulah sebenarnya hidup kita melupakan rasa syukur dan menyiakan waktu yang diberikan oleh Allah SWT.

kata-kata mutiara bijak islami
Gambar oleh pixabay

Beberapa contoh manusia yang lupa bersyukur dengan nikmat yang diberikaan oleh Allah SWT.

  1. Ketika seseorang mempunyai wajah cantik ataupun tampan tak pernah menyentuh tetesan air wudhu. Padahal dia mendapatkan anugerah yang cukup besar untuknya.
  2. Memiliki paras indah dan menarik hanya digunakan untuk menistakan diri, bukannya memuliakan diri.
  3. Mempunyai tubuh semampai nan indah mempesona tak pernah dibuat untuk bersujud kepada-Nya. 
  4. Memiliki kekayaan dan harta yang berlimpah tapi dalam kesehariannya tak pernah bershadaqah. 
  5. Memiliki bibir merona bak merah delima akan tetapi tiap harinya jarang digunakan untuk berdzikir kepada-Nya.
Baca juga: Kata-kata bijak islami untuk wanita

Dua hal yang membuat kita tak pandai bersyukur


* Pertama :

  • Kita sering memfokuskan diri pada apa yang kita inginkan, bukan pada apa yang kita miliki.
  • Katakanlah anda telah memiliki sebuah rumah, kendaraan, pekerjaan tetap, dan pasangan yang terbaik. Tapi anda masih merasa kurang. Pikiran anda dipenuhi target dan keinginan.
  • Anda begitu terobsesi oleh rumah yang besar dan indah, mobil mewah, serta pekerjaan yang mendatangkan lebih banyak uang.
  • Kita ingin ini dan itu. Bila tak mendapatkannya kita terus memikirkannya. Tapi anehnya, walaupun sudah mendapatkannya, kita hanya menikmati kesenangan.
  • Kita tetap tak puas, kita ingin yang lebih lagi. Jadi, betapa pun banyak yang kita miliki, kita tak pernah menjadi “KAYA” dalam arti yang sesungguhnya.
  • Mari kita luruskan pengertian kita mengenai orang ”kaya”.
  • Orang yang ”kaya” bukanlah orang yang memiliki banyak hal, tetapi orang yang dapat menikmati apapun yang mereka miliki.
  • Tentunya boleh-boleh saja kita memiliki keinginan, tapi kita perlu menyadari bahwa inilah akar perasaan tak tenteram.
  • Kita dapat mengubah perasaan ini dengan berfokus pada apa yg sudah kita miliki. Cobalah lihat keadaan di sekeliling Anda, pikirkan yang Anda miliki, dan syukurilah. Anda akan merasakan nikmatnya hidup.
  • Pusatkanlah perhatian Anda pada sifat-sifat baik atasan, pasangan, dan orang-orang di sekitar Anda. Mereka akan menjadi lebih menyenangkan.
  • Seorang pengarang pernah mengatakan, ”Menikahlah dengan orang yang Anda cintai, setelah itu cintailah orang yang Anda nikahi.” Ini perwujudan rasa syukur.

* Hal kedua yang sering membuat kita lupa bersyukur adalah :

  • Kecenderungan membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Kita merasa orang lain lebih beruntung.
  • Kemanapun kita pergi, selalu ada orang yang lebih pandai, lebih tampan, lebih cantik, lebih percaya diri, dan lebih kaya dari kita.
  • Hidup akan lebih bahagia kalau kita dapat menikmati apa yang kita miliki. Karena itu bersyukur merupakan kualitas hati yang tertinggi.

Intinya, hidup itu wajib untuk disyukuri, bukan untuk dikeluhi.

Kata-kata bijak mutiara islami tentang bersyukur


" Apabila kamu tidak tahu sesuatu bersyukurlah, karena itu memberimu kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman"
" Bersyukurlah untuk masa-masa sulit, sebab di masa itulah kamu tumbuh menjadi pribadi yang kuat bukan manusia yang lemah dan mudah menyerah"
"Mempunyai keterbatasan yang dimiliki bukan berarti mengeluh, apalagi lupa akan rasa syukur. Sebab dengan keterbatasan itu memberimu kesempatan untuk berkembang"
"Bersyukurlah untuk setiap tantangan baru, karena itu akan membangun kekuatan dan karaktermu. Apalagi pengalaman adalah ilmu yang sangat berharga dalam hidup"
"Setiap kesalahan yang kamu buat, itu akan mengajarkan pelajaran yang berharga. Menyesali apa yang sudah diperbuat tak akan berarti" 
"Bersyukurlah bila kamu lelah dan letih, karena itu kamu telah mengerti arti akan kenyamanan dalam hidup"
" Mungkin mudah untuk kita bersyukur akan hal-hal yang baik, tapi belum tentu ketika mendapatkan ujian dan cobaan. Tapi perlu diingat bahwa, hidup yang berkelimpahan datang pada mereka yang juga bersyukur akan masa surut" 
"Rasa syukur juga dapat mengubah hal yang negatif menjadi positif. Temukan cara bersyukur akan masalah-masalahmu dan semua itu akan menjadi berkah bagimu"
Yuk, mulai sekarang kita perbaiki diri. Dunia boleh kita kejar, tapi jangan lupa akhirat juga kita kejar. Perbanyak rasa syukur atas apa yang diberikan oleh Allah SWT, sebab nikmat itu tak semua orang bisa merasakan.

Itulah beberapa kata-kata mutiara bijak islami dalam bersyukur dari captionkeren.net. Semoga kita semua menjadi hamba Allah SWT yang pandai mensyukuri setiap nikmat yang dilimpahkan, Aamiin.