Type something and hit enter

On
Hikmah dan Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan- Sesungguhnya Allah Subahanahu wa Ta'ala mewajibkan kepada sekalian kaum Muslimin dan Muslimat, kaum Mukminin dan Mukminat untuk berpuasa di bulan Ramadhan.

Allah berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu," mengapa? apa manfaatnya?.

hikmah dan keutamaan puasa ramadhan
foto ramadhan by pixabay

Yaitu, "agar kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa."dan untuk mewujudkan taqwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Yaitu dengan melaksanakan perintah Allah dalam bentuk puasa dan mendekat kepada-Nya, sehingga dengan melakukan ibadah yang agung ini.

Agar supaya seorang hamba mendapatkan takwa kepada Allah Ta'ala, dan terhindar dari adzab Allah, dari hukuman-Nya dan dari murka-Nya. Puasa Ramadhan adalah sebagai bagian inti dari ajaran Islam dan salah satu rukun Islam.

Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahihnya dari Umar bin Khattab dan dari beberapa sahabat Nabi lainnya. Bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Islam dibangun di atas lima pilar, yaitu:

1. Membaca syahadat Laa ilaaha illallaah,
dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah
2. Mendirikan shalat
3. Menunaikan zakat
4. Berpuasa Ramadhan
5. Menunaikan ibadah haji ke Baitullah

Hikmah puasa ramadhan


Bagi siapa saja yang mampu melakukannya,"Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan karunia-Nya dan limpahan kemurahan-Nya, memberikan pahala bagi siapa saja yang berpuasa sehari, sunnah maupun yang wajib dengan pahala yang tidak ada tandingannya.

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim dalam kitab shahih keduanya. Dari sahabat Abu Said Al Khudri radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,"Siapa yang berpuasa seharian di jalan Allah, maka Allah akan jauhkan dirinya dari Neraka sejauh perjalanan tujuh puluh tahun."

Selama tujuh puluh tahun Allah akan menjauhkan anda dari Neraka, Allah melindungi anda dari Neraka dan dari sebab-sebab yang menjerumuskan ke Neraka. Dengan sebab, puasa yang anda lakukan selama satu hari penuh dengan ikhlas di jalan Allah maka, anda akan mendapatkan pahala yang besar semacam ini

Karena itu, berlomba-lombalah wahai kaum Muslimin. Jadilah hamba yang ikhlas dan mengharap pahala dari karunia Allah yang sangat luas. Allah juga menjadikan puasa Ramadhan sebagai penebus (kaffarah) dosa-dosa kecil.

Baca juga: Kata-kata mutiara bijak islami dalam bersyukur

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, di dalam hadist riwayat Muslim. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,"Antara shalat lima waktu, dan dari Ramadhan ke Ramadhan berikutnya. Dari satu jum'at menuju jum'at berikutnya, akan menjadi penebus dosa-dosa diantara waktunya, selama dosa besar dijauhi.

Artinya, di dalam bulan Ramadhan, siapa saja yang berpuasa selama sebulan penuh. Kemudian dia sampai pada Ramadhan berikutnya kemudian dia berpuasa selama sebulan penuh, dan ikhlas karena Allah. Maka Allah hapuskan dosa-dosanya diantara dua bulan Ramadhan ini.

Artinya, selama waktu setahun penuh, dihapuskanlah dosa-dosa kecilnya selama dosa-dosa besar dijauhi dan Allah hapuskan dosa-dosa kecil dari hamba-Nya. Kemudian Allah tambahkan lagi karunia-Nya dengan memberikan banyak keutamaan kepada hamba-Nya.

Yaitu Allah Ta'ala menghapuskan dosa-dosa kecil dan sekaligus dosa-dosa besar sebagaimana di dalam shahihain dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, beliau mengatakan. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa yang beribadah ketika Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Dan barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." Maka Allah hapuskan dosa-dosa kecilnya sekaligus dosa-dosa besar dengan sebab puasa hamba tersebut pada bulan Ramadhan.

Yaitu karena iman, artinya dia tidak melakukan syirik besar tidak pula kekafiran baik dalam ucapan, amal perbuatan, maupun keyakinan dan mengharap pahala dari Allah agar Dia memberikan karunia-Nya.

Baik berupa harapan yang sifatnya umum maupun harapan yang khusus sebagaimana yang disebutkan dalam hadis tersebut. Allah hapuskan dosa-dosa hamba-Nya. Semua kesalahan baik yang kecil maupun yang besar dengan sebab puasa Ramadhannya.

Itulah bulan mulia yang akan mendatangi anda sekalian kaum Mukminin, dan semoga anda dimudahkan untuk menjadi orang yang rajin dan anda dibuat sulit untuk melakukan dosa dan maksiat, serta dibukakan untukmu pintu kebaikan dan dimudahkan untuk memasukinya dilapangkan dada anda untuk melakukan semuanya itu.

Sebagaimana sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam hadis riwayat shahihain dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Apabila datang Ramadhan akan dibuka pintu-pintu Syurga dan ditutup pintu-pintu Neraka. Serta setan-setan dibelenggu."

Para Ulama mengatakan bahwa, dibuka pintu-pintu Syurga adalah secara hakiki dan ditutup pintu-pintu Neraka yang jumlahnya delapan secara hakiki. Dan masih ditambah lagi, diputuslah segala sebab-sebab yang bisa mengantarkan dan mejerumuskan manusia ke Neraka.

Dan dijadikan para hamba-Nya, sehingga tidak menyukai perbuatan dosa dan maksiat juga perbuatan bid'ah dan khurafat. Dan Allah juga melapangkan dada mereka untuk melakukan kebaikan-kebaikan dan segala sebab-sebabnya dan segala sebab yang mengantarkannya masuk ke dalam Syurga.

Ini merupakan bagian dari keutamaan bulan yang mulia ini yaitu bulan Ramadhan. Bersemangatlah di dalam bulan kalian ini, dengan curahan pahala yang banyak. Dan muliakanlah bulan ini dengan memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Dengan ibadah, shalat malam, membaca dan mentadabburi Al-Quran puasa, sahur, dan berbuka.

Perbanyak dalam berdzikir dan bersedekah sebagaimana yang dilakukan Rasul kalian shallallahu 'alaihi wa sallam. Dimana beliau sebagaimana angin yang berhembus, sangat pemurah dan dermawan.

manfaat berpuasa terhadap kesehatan kita


Puasa Ramadhan merupakan kegiatan menahan diri dari sesuatu yang pada umumnya dilakukan sebagai kegiatan yang berhubungan dengan diet ataupun agama. Di bulan Ramadhan,mungkin ada baiknya kita mengetahui apa saja manfaat berpuasa terhadap kesehatan kita.

Selain untuk tujuan agama, puasa dilakukan di seluruh dunia sebagai bagian dari pola makan sehari-hari walaupun tidak sepanjang bulan Ramadhan. Dimana kita berpuasa dari subuh sampai sore menjelang malam.

Manfaat berpuasa pada umumnya:


1. Pengurangan berat badan jika kita berpuasa. Akan ada rentang waktu dimana kita tidak mengkonsumsi makanan yang akan membatasi jumlah kalori yang masuk ke tubuh kita. Disaat tubuh kita membutuhkan tenaga metabolisme tubuh akan bekerja dan menggunakan lemak untuk cadangan tenaga.

2. Seiring dengan pengurangan berat badan, kita juga mengurangi resiko penyakit yang pada umumnya dihubungkan dengan obesitas, seperti serangan jantung akibat penumpukan kolesterol di arteri koroner. Berarti berpuasa juga secara tidak langsung berkontribusi pada kesehatan jantung.

3. Selain itu berpuasa juga meningkatkan sekeresi dari Growth Hormone yang berfungsi dalam mengstimulasi pertumbuhan badan, metabolisme dan kekuatan otot.

4. Dalam beberapa penelitianpun telah menunjukan bahwa, berpuasa meningkatkan sistem imun kita dan menjaga kita dari infeksi. Suatu poin yang sepertinya cukup penting, karena hal ini bisa saja berhubungan dengan imunitas kita terhadap kondisi neuro-degeneratif seperti Alzheimer walaupun belum dapat sepenuhnya dibuktikan.

5. Seperti penelitian yang menyatakan bahwa berpuasa dapat mencegah penuaan dan munculnya sel kanker.

6. Lalu, pada penderita diabetes, berpuasapun dapat mengurangi resistensi insulin yang berarti membuat tubuh kita semakin sensitif terhadap insulin. Yang memastikan bahwa glukosa tidak berkeliaran sembarangan di darah dalam jumlah yang tidak terkendali

Demikianlah, hikmah dan keutamaan puasa dibulan Ramadhan. Semoga shalawat tercurah atas Nabi Muhammad, kepada keluarga, para sahabat.Dan semoga Allah Ta'ala memberikan keselamatan yang berlimpah sehingga mengantarkan ibadah kita dalam bulan Ramadhan dengan selamat dan penuh pahala, Aamiin Ya Robbal Alamin.

0 komentar