f Cara Menghilangkan Rasa Malas dalam Diri Sendiri

Type something and hit enter

On

Cara menghilangkan rasa malas dalam diri sendiri- Apabila Anda sedang dihinggapi rasa malas dalam melakukan kegiatan dalam hidup keseharian, maka Anda perlu mempelajari tips atau solusi untuk menghilangkan dan menghindari rasa malas tersebut. 


Kebiasaan malas dalam hidup akan berpengaruh tidak baik untuk kelangsungan hidup Anda. Dan pastinya itu tidak diharapkan oleh Anda. Cara sebagian orang dalam menghindari rasa malas yaitu mereka tetap sibuk melakukan sesuatu.

cara menghilangkan rasa malas dalam diri sendiri

Dengan begitu mereka bisa menghindari hal ikhwal yang tidak mau mereka temui. Ada orang menyibukkan diri dengan melihat TV, bermain golf, sibuk memancing, sibuk jalan-jalan ke pusat keramaian atau yang lain.


BACA JUGA: Bagaimana cara menjaga motivasi sepanjang hari


Walau di pikiran mereka sebenarnya bermaksud untuk menghindari urusan yang tidak mau mereka jumpai. Yang seperti ini merupakan jenis kemalasan yang paling banyak dialami semua orang. Menghindari malas dengan cara tetap melakukan aktifitas. 


Ada pula sebagian orang yang menghabiskan waktunya dengan bekerja keras sampai tidak memperdulikan anak-anak dan istrinya. Dan ada pula sebagian orang yang sibuk sekali menghitung-hitung harta kekayaan mereka hingga tidak memperhatikan kesehatan mereka sendiri. 


Dan ada sebagian orang yang sungguh sibuk memperhatikan kesehatan mereka tapi tidak memperdulikan lagi pada pekerjaannya. Yang dijadikan patokan untuk ukuran rasa malas yaitu apa yang dikira penting menurut mereka, namun mereka menghindarinya.


Cara menghilangkan rasa malas


Menurut Robert Kiyosaki, “Obat untuk menghindari rasa malas adalah dengan sedikit ketamakan”. Cukup sering kita mendengar bahwa “orang tamak adalah orang yang tidak baik”. Tapi sebenarnya di dalam masing-masing kita semua ada hasrat.


Yaitu keinginan untuk mempunyai barang-barang baru, bagus atau suatu hal yang menggembirakan. Jadi biar hasrat itu tetap aman terkendali, para orang tua seringkali mencari cara guna mengendalikan hasrat itu dengan cara membuat rasa diri bersalah.


Jadi, setiap waktu anda menjumpai diri anda mau menghindari suatu hal yang seharusnya anda kerjakan, maka segeralah anda berintrospeksi diri “apa baiknya untuk saya?”. Berlakulah sedikit sombong. Itulah salah satu obat yang baik untuk rasa kemalasan. Atau dengan membaca kebiasaan yang dilakukan orang sukses.


Namun jika terlalu tamak, juga untuk apapun lainnya yang berlebihan, tidaklah sehat dan baik. Sebenarnya rasa malas itu adalah semacam penyakit mental. Siapa saja yang merasakan malas kinerjanya akan kacau balau dan ini jelas tidak menguntungkan. 


Keberhasilan di dalam bisnis, karir, maupun kehidupan pada umumnya tidak akan pernah mau bersama dengan orang-orang yang malas. Sikap malas juga menunjukkan rusaknya motivasi seseorang untuk mengerjakan sesuatu hal atau apa yang sebenarnya ia kehendaki.


Yang tergolong dalam kelompok besar rasa malas adalah tidak mengerjakan tugas, tidak disiplin, tidak teratur, tidak tekun, suka menunda sesuatu, rasa sungkan, mengalihkan diri dari kewajiban, dan lain sebagainya. 


BACA JUGA: Cara memotivasi diri sendiri secara sederhana tapi efektif


Pendapat yang lainnya mengatakan bahwa sikap malas juga salah satu jenis tingkah laku negatif yang tidak menguntungkan. Karena pengaruh dari malas ini lumayan besar terhadap kreatifitas. Sebab malasnya seseorang sering sekali membuat tidak produktif bahkan bisa menjadikan stress. 


Badan terasa lesu, gairah dan semangat menurun, ide pun tidak keluar. Efek buruknya tidak ada kekuatan sedikitpun yang membikin Anda bisa melakukan aktifitas. Jika dibiarkan penyakit malas ini akan makin bertambah parah.


Pada zaman sekarang ini, sikap malas sangat tidak menguntungkan. Karena, hari ini berlaku nilai siapa yang produktif dan memiliki kemampuan, dialah yang akan sukses. Namun pastinya, sikap ini bukanlah sesuatu yang tidak bisa dirubah. 


Menurut pendapat ahli psikologi, seseorang bersikap malas pada pekerjaan atau suatu aktifitas dikarenakan dia tidak mempunyai motivasi yang besar setiap mau melakukan sesuatu.


Seorang yang malas dalam bekerja, motivasi pada pekerjaan tersebut biasanya tidaklah bagus. Perilakunya pada pekerjaan itu akan negatif karena persepsi yang diberikan pada pekerjaan itu tidak baik. 


Ini karena sistem nilai yang ada pada dirinya menjadikan dia bersikap malas untuk mengerjakan suatu hal. Sementara pada pekerjaan yang lainnya kemungkinan tidak seperti itu. Jadi, sikap malas bisa dikategorikan hasil dari suatu bentukan. 


Maksudnya, tingkah laku itu dapat diolah lagi menjadi baik atau tidak malas. Pembentukan kembali sikap seseorang tadi sebenarnya dipengaruhi sekali oleh lingkungan sekelilingnya, bisa orang tua, suadara, sahabat, teman, atau pihak lain di sekelilingnya. 


Jadi, untuk bisa merubah tingkah laku seseorang, yang paling utama adalah merubah persepsinya. Maka perlu memahami dan mengambil sistem nilai yang dapat merubah persepsinya atau menyampaikan sistem nilai berbeda yang baru untuknya.


Ada juga yang berpendapat bahwa sikap dan tingkah laku manusia terbentuk disebabkan oleh faktor ‘kebiasaan’. Bila seseorang terbiasa berperilaku rajin dan bergairah maka ia akan rajin dan bersemangat selalu, begitu pula kebalikannya. 


Sehingga bila Anda termasuk orang yang pemalas, cara untuk memperbaikinya yaitu dengan membiasakan diri untuk berperang dengan sikap malas. Sikap malas jelas tidak menguntungkan. Cara yang paling ampuh adalah membiasakan disiplin diri dan menjaga kebiasaan tersebut selalu positif.


Setinggi apapun seseorang mempunyai cita-cita atau impian yang hebat, bila kemalasannya gampang muncul, maka cita-cita atau impian yang hebat itu akan tetap menjadi impian belaka. Jadi, kalau Anda ingin berhasil, persulitlah munculnya rasa malas itu.


Kata-kata semangat untuk diri sendiri


"Jika kita melewatkan kemungkinan kita, jangan kehilangan kemungkinan kita."


"Usaha adalah salah satu hal yang memberi makna pada hidup. Berusaha berarti kita peduli tentang sesuatu, bahwa sesuatu itu penting bagi kita dan kita bersedia bekerja untuk itu."


"Sukses tidak didasarkan pada keajaiban tetapi pada prinsip-prinsip nyata. Kata AKU 'TIDAK BISA' adalah kata yang terlalu pendek, tetapi efeknya yang menghancurkan."


"Jika percaya pada apa yang kita lakukan, maka jangan biarkan apa pun menahan kita dalam pekerjaan. Sebagian besar pekerjaan terbaik di dunia telah dilakukan melawan kemustahilan. Masalahnya adalah menyelesaikan pekerjaan."


"Jika kamu tidak bisa tidur, bangunlah dan lakukan sesuatu daripada berbaring di sana dengan khawatir. Kekhawatiranlah yang membuatmu, bukan kurang tidur."


"Orang yang selalu menyia-nyiakan waktunya, sudah pasti akan menyesal akhirnya. Jangan sampai menjadi salah satu dari orang yang menyesal."


"Ingat, rasa malas itu hanya membodohi diri, bukan memanjakan diri sendiri."


"Pemalas justru akan menganggap dirinya sendiri tidak berguna dan bukan orang lain yang menunjuk."


"Harapan terletak pada diri sendiri, jika kita memiliki banyak harapan, lantas apa gunanya malas-malasan."


"Jadilah manusia seutuhnya, karna sejatinya manusia diciptakan untuk memperbaiki nasibnya sendiri bukan menjerumuskan dengan malas-malasan."


BACA JUGA: Kata-kata penyemangat hidup untuk sukses


Akhir kata, mudah-mudahan artikel cara menghilangkan rasa malas dalam diri sendiri ini bisa memotivasi diri Anda untuk melawan rasa malas dan menjadikan pengaruh yang positif dari sifat rajin!. Terima kasih sudah berkunjung di captionkeren.net.